Sabtu, 25 Agustus 2012

SILABUS DAN SAP MATAKUL MICROTEACHING PGSD UMC


SILABUS
MICRO TEACHING


Kelompok Mata Kuliah                      :  Mata Kuliah Keahlian (MKK)
Nama / Kode Mata Kuliah                  :  Micro Teaching
Bobot Mata Kuliah                             :  4 SKS
Jenjang / Program Studi                      :  S1/Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Semester                                              :  IV ( empat ) Genap
Dosen  Pengampu                               :  Adang Sudarman, Drs., M.Pd.
                                                             
DESKRIPSI MATA KULIAH    :      Melatih keterampilan dasar mengajar bagi mahasiswa PGSD,  yaitu keterampilan memberi penguatan, keterampilan bertanya, keterampilan variasi, keterampilan menjelaskan, membuka dan menutup pelajaran, pengelolaan kelas, membimbing diskusi kelompok kecil dan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan, sehingga calon guru siap untuk praktik mengajar di SD.

STANDAR KOMPETENSI        :  Mahasiswa mampu memahami dan mempraktikkan keterampilan dasar  mengajar          dengan baik.

KOMPETENSI DASAR             :   Setelah proses belajar mengajar mahasiswa dapat memahami dan mendemosntrasikan;
1.      Keterampilan membuka dan menutup pelajaran
2.      Keterampilan bertanya dasar dan lanjut
3.      Keterampilan memberikan penguatan
4.      Keterampilan mengelola kelas
5.      Keterampilan mengadakan variasi
6.      Keterampilan memimpin diskusi dan kelompok kecil
7.      Keterampilan menjelaskan
8.      Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan

PRASYARAT                              :    Evaluasi hasil belajar, Strategi belajar mengajar, Pengelolaan kelas




GARIS-GARIS BESAR PROGRAM  PERKULIAHAN
Minggu
Kompetensi  Dasar
Indikator
Sumber
Tagihan
ORIENTASI PERKULIAHAN
I
Keterampilan membuka dan menutup pelajaran
1.      Membuka pelajaran
a.                   Menarik perhatian siswa
b.                  Menimbulkan motivasi
c.                   Memberikan acuan
d.                  Membuat kaitan
2.      Menutup pelajaran
a.                   Meninjau kembali
b.                  Mengevaluasi
c.                   Tindak lanjut
Arends,Bab 1, hal 1-37
Resume


II
Keterampilan bertanya dasar dan lanjut
1.      Bertanya dasar
a.                   Pengungkapan pertanyaan
b.                  Pemberian acuan
c.                   pemusatan
d.                  Pemindahan giliran
e.                   Penyebaran
f.                   Pemberian waktu berfikir
g.                  Pemberian tuntutan
2.      Bertanya lanjut
a.       Pengubahan tuntutan tingkatan kognitif
b.      Urutan pertanyaan
c.       Pertanyaan pelacak
d.      Peningkatan interaksi antar siswa
3.      Hal-hal yang harus dihindari

Arends,Bab 5, hal 1-37
Resume 2

III
Keterampilan memberikan penguatan
1.      Penguatan verbal
2.      Penguatan non verbal
3.      Prinsip dan cara penggunaan
Arends,Bab 5, hal 175-211
Resume 3

IV
Keterampilan mengelola kelas
1.      Keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal
a.       Menunjukkan sikap tanggap
b.      Membagi perhatian
c.       Memusatkan perhatian
d.      Memberikan petunjukan yang jelas
e.       Menegur
f.       Memberikan penguatan
2.      Keterampilan yang berhubungan dengan pengembalian kondisi belajar yang optimal
a.       Modifikasi tingkah laku
b.      Pengelolaan kelompok
Arends,Bab 5, hal 175-211
Resume 4

V
Keterampilan mengadakan variasi
1.      Variasi dalam gaya mengajar
2.      Variasi dalam media dan alat bantu mengajar
3.      Variasi pola interaksi dan kegiatan siswa
Arends,Bab 1 (B2) , hal 1-38
Arends,Bab 2 (B2) , hal 40-72
Arends,Bab 3 (B2) , hal 73-100
Sanjaya,Bab 6-10, hal 123-218

Resume 4

VI
Keterampilan memimpin diskusi kelompok kecil
1.      Memusatkan  perhatian
2.      Memperjelas masalah
3.      Menganalisis pandangan siswa
4.      Meningkatkan urutan siswa
5.      Menyebarkan kesempatan berpartisipasi
6.      Menutup diskusi
Arends,Bab 3, hal 95-136
Arends,Bab 3 (B 2) , hal 73-100

Resume 5

VII
Keterampilan menjelaskan
1.      Merencanakan
2.      Menyajikan
3.      Penggunaan contoh dan ilustrasi
4.      Pengorganisasian
Arends,Bab 7, hal 261-291
Resume 6

VIII
Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan
1.      keterampilan pendekatan secara pribadi
2.      keterampilan mengorganisasikan.
3.      Keterampilan memudahkan dan mengorganisasikan.
4.      Keterampilan merencanakan dan melaksanakan PBM
Arends,Bab 4, hal 1138-174
Resume 7

MID SEMETER
IX
Praktik


RPP
Materi,media
X
Praktik


RPP
Materi,media
XI
Praktik


RPP
Materi,media
XII
Praktik


RPP
Materi,media
XIII
Praktik


RPP
Materi,media
XIV
Praktik


RPP
Materi,media
XV
Praktik


RPP
Materi,media
XVI
Praktik


RPP
Materi,media
UJIAN AKHIR SEMESTER






PENILAIAN
                       
  1. Ujian Tengah Semester           20%
  2. Ujian Akhir Semester              20%
  3. Tugas                                       10%
  4. Partisipasi/keaktifan                10%
  5. Praktik                                     40%

BUKU SUMBER

1.      Arends, Richard. (2008). Learning to Teach, Avenue of the Americas New York, NY 10020: McGraw-Hill Companies, Inc 1221.
2.      Asri, Budiningsih. 2005. Belajar dan Pembelajaran”.Jakarta.. Rineka Cipta
3.      Gage. (1978). The scientific basic of the art of teaching. Unitesd States of America. Standford University
4.      Gerlach, Vernon S dan Ely, Donald P. (1980).”Teaching and Media a Systematic Approach.United Stated of America Prentice-Hall, Inc Englewood Cliffs, N.J. 07632
5.      Kemp, Jerold E (1985). (edisi Indonesia) ”Proses Perencanaan Pengajaran”.Bandung. ITB
6.      Ronie M, dani. (2005). Seni mengajar dengan hati.Jakarta. PT.Elex Media Komputindo
7.      Soltis,Strike. (1985). The ethics of teaching.United States of America. Teachers College Colombia University
8.      Sanjaya,Wina. (2009). “Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran”, Jakarta. Kencana Prenada Media Grup
9.      Suparman, Atwi. (2001). “Desain Instruksional” Jakarta. Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan Pengembangan Aktivitas Instruksional Dirjen Dikti Depdiknas.
10.  Dikti (1987). Micro Teaching Praktik mengajar Program Akta V
11.  Usman, user (2001). Menjadi Guru dalam Proses belajar Mengajar. Rosdakarya. Bandung
12.  Wijaya, Cece,Cs. (1991). Kemampuan Guru dalam Proses Belajar mengajar. Rosdakarya. Bandung
13.  Hasibuan, JJ Cs (1994). Proses Belajar Mengajar Keterampilan dasar mengajar. Rosdakarya. Bandung








Kontrak mata kuliah:

1.      Hadir tepat waktu
2.      Setiap peserta selama mengikuti perkuliahan berpakaian sopan, rapi mencerminkan sikap dan jiwa seorang guru.
3.      Harus saling memberikan semangat dan motivasi kepada teman dan selalu memberikan masukan konstruktif.  
4.      Bagi peserta yang akan tampil harus berpakaian dan berpenampilan sebagai guru.
5.      Membuat resume materi setiap pertemuan.
6.      Menyiapkan RPP, materi dan media bagi yang akan tampil.
7.      Merekam dengan alat yang ada bagi yang akan tampil
8.      Memberikan komentar dalam lembaran observasi seluruh yang tampil dan akan dikumpulkan pada akhir semester
9.      Setiap peserta diberikan waktu tampil maksimal 20 menit.
10.  Bagi yang tidak sanggup mengikuti aturan yang ada silakan mengundurkan diri dari mata kuliah ini
11.  Cari kurikulum  Sekolah Dasar  dan  Permendiknas No.  41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
12.  Tata Tertib
Mahasiswa wajib menggunakan pakaian yang dikenakan oleh seorang Pendidik :

A.     Mahasiswa Laki-laki

- Memakai celana bahan / non jeans (warna hitam)
- Baju kemeja pendek/panjang ( tidak digulung) dan dimasukkan (warna putih).
- Sepatu kerja
- Rambut rapi
- Wajib menggunakan ikat pinggang

B. Mahasiswa Perempuan

- Wajib menggunakan Rok / tidak dibenarkan celana panjang dibungkus rok.
- Baju kemeja tidak ketat
- Sepatu kerja, bukan sepatu sandal/sandal
- Rambut tidak dicat / diwarna
 




Kontrak khusus Mata Kuliah :

1.      Kurikulum  SD
2.      Cari  Permendiknas  No.41 Tahun 2007  tentang  Standar   Proses
3.      Tampil dua kali  dengan materi mata pelajaran yang di-UN-kan di SD 
4.      Berpenampilan sebagai guru
5.      Setiap tampil diabadikan dengan video tampil 20 menit
6.      Resume materi setiap awal kuliah
7.      Setiap informasi akan diberikan langsung kepada ketua kelas, kemudian ketua kelas menyampaikan kepada teman yang lain.
8.      Ketua kelas bertanggungjawab dengan kelengkapan kuliah ( absen/LCD )
9.      Harus saling memberi semangat, motivasi dan informasi.





RENCANA MUTU PERKULIAHAN


Kelompok Mata Kuliah                      :  Mata Kuliah Keahlian (MKK)
Nama / Kode Mata Kuliah                  :  Micro Teaching
Bobot Mata Kuliah                             :  4 SKS
Jenjang / Program Studi                      :  S1/Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Semester                                              :  IV ( empat ) Genap
Pertemuan                                           :  Ke-1
Alokasi waktu                                     : 1 x 90  menit
Dosen Pengampu                                :  Adang Sudarman, Drs., M.Pd.

 


I.    Standar Kompetensi
:
Mahasiswa dapat memahami secara teoritik kebijakan dan tahapan-tahapan dalam Micro Teaching
II.   Kompetensi Dasar
:
Memahami kebijakan prosedur Micro Teaching
III. Indikator
:
Dapat mendeskripsikan dan mengaplikasikan kebijakan prosedur Micro Teaching
IV. Materi Ajar
:
-      Prosedur pelaksanaan praktek Micro Teaching
-      Konsep  Micro Teaching
-      Kontrak belajar perkuliahan
V.  Metode Pembelajaran
:
-      Ceramah
-      Brainstorming
VI. Langkah Pembelajaran
:
a.   Kegiatan Awal
·         Prolog
·         Orientasi
b.   Kegiatan Inti
·         Menjelaskan kebijakan Micro Teaching
·         Prosedur Micro Teaching
c.   Kegiatan Akhir
·         Klarifikasi
·         Penutup
VII. Sumber Belajar dan Alat  Bahan
:
-      Buku Pedoman Micro Teaching Lab LPIK FKIP -UMP
VIII. Penilaian
:
-      Performance


RENCANA MUTU PERKULIAHAN


Kelompok Mata Kuliah                      :  Mata Kuliah Keahlian (MKK)
Nama / Kode Mata Kuliah                  :  Micro Teaching
Bobot Mata Kuliah                             :  4 SKS
Jenjang / Program Studi                      :  S1/Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Semester                                              :  IV ( empat ) Genap
Pertemuan                                           :  Ke 2
Alokasi waktu                                     :  1 x 90 (1 pertemuan)
Dosen Pengampu                                :  Adang Sudarman, Drs., M.Pd.
 

I.  Standar Kompetensi
:
Mahasiswa dapat mendesain dan terampil mengajar dalam bentuk sederhana (MT).
II.Kompetensi Dasar
:
Memahami kebijakan Micro Teaching dan tahapan Micro Teaching secara konseptual.
III. Indikator
:
Mahasiswa dapat mengurutkan tahapan konseptual Micro Teaching.
IV. Strategi
:
Gathering / Brainstorming / POT Ceramah.
V.  Metode Pembelajaran
:
Kebijakan dan tahapan Micro Teaching.
VI. Langkah Pembelajaran
:
A.    Kegiatan Awal
-          Prolog
-          Pengarahan
B.    Kegiatan Inti
-                               Menggali dengan Strategi :
-                               Presentasi
-                               Orientasi Model Micro Teaching
-                               Dialog
C.    Kegiatan Akhir
-                               Klarifikasi
-                               Penutup
VII. Sumber Belajar dan
      Alat  Bahan
:
-      Buku Pedoman Micro Teaching Laboratorium MT dan PPL FKIP UMS 2008
VIII. Penilaian
:
-      Tulis dan Praktik MT

















RENCANA MUTU PERKULIAHAN

Kelompok Mata Kuliah                      :  Mata Kuliah Keahlian (MKK)
Nama / Kode Mata Kuliah                  :  Micro Teaching
Bobot Mata Kuliah                             :  4 SKS
Jenjang / Program Studi                      :  S1/Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Semester                                              :  IV ( empat ) Genap
Pertemuan                                           :   Ke  3 - 6
Alokasi waktu                                     :   6 x 90 ( 6  pertemuan)
 Dosen Pengampu                               :  Adang Sudarman, Drs., M.Pd.

 

I.   Standar Kompetensi
:
Mahasiswa dapat memahami secara teoritik kebijakan dan tahapan-tahapan dalam Micro Teaching
II.  Kompetensi Dasar
:
Memahami model-model ketrampilan mengajar
III. Indikator
:
Mendeskripsikan model-model ketrampilan mengajar
IV. Materi Pembelajaran
:
1.  Model-model ketrampilan mengajar
2.  Ketrampilan membuka pelajaran
3.  Ketrampilan penjajakan / apersepsi
4.  Ketrampilan menyajikan / menjelaskan
5.  Ketrampilan stimulasi dalam partisipasi / interaksi
6.  Ketrampilan verbal, nonverbal
7.  Ketrampilan apresiasi, merasakan / memotivasi
8.  Ketrampilan mendayagunakan media, alat peraga dan metode
9.  Ketrampilan menutup pelajaran
V. Metode Pembelajaran
:
-      Ceramah
-      Dialog
-      Peragaan / mendemonstrasikan
VI. Langkah Pembelajaran
:
A.  Kegiatan Awal
-          Membuka pembelajaran
-          Orientasi
B. Kegiatan Inti
-          Menerangkan
-          Memperagakan
C.     Kegiatan Akhir
-          Dialog
-          Penutup
VII.Sumber Belajar dan     Alat  Bahan
:
-      Contoh Silabi dan RPP Puskur – Balitbang Depdiknas.
-      Dahlan MD, 1984, Model-model Mengajar Bandung, Diponegoro.
VIII. Penilaian
:
-      Performance.





RENCANA MUTU PERKULIAHAN


Kelompok Mata Kuliah                      :  Mata Kuliah Keahlian (MKK)
Nama / Kode Mata Kuliah                  :  Micro Teaching
Bobot Mata Kuliah                             :  4 SKS
Jenjang / Program Studi                      :  S1/Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Semester                                              :  IV ( empat ) Genap
Pertemuan                                           :  Ke 7- 12
Alokasi waktu                                     :  6 x 90 ( 6  pertemuan)
 

I. Standar Kompetensi
:
Mahasiswa dapat memahami secara teoritik kebijakan dan tahapan-tahapan dalam Micro Teaching
II.Kompetensi Dasar
:
Mendesain Silabi, RPP dan mempraktikkan
III. Indikator
:
Dapat menerangkan konsep Silabi, RPP, mempraktikkannya
IV. Materi Pembelajaran
:
1.Praktik mendesain mengajar Micro dalam Silabi, RPP
2. Praktik Micro Teaching 1
3. Praktik Micro Teaching 2
4. Praktik Micro Teaching 3
5. Praktik Micro Teaching 4

V. Metode Pembelajaran
:
-      Praktik
-      Pembimbingan RPP
VI. Langkah Pembelajaran
:
Kegiatan Awal
-          Membuka pelajaran
-          Orientasi
Kegiatan Inti
-          Praktik
-          De Brefing
Kegiatan Akhir
-          Klarifikasi
-          Feed back
-          Penutup
VII.Sumber Belajar dan     Alat  Bahan
:
-      Buku Pedoman Program Micro Teaching FKIP–UMS, Surakarta.
-      Contoh Silabi dan RPP Puskur – Balitbang Depdiknas.
-      Winarno Surachmad, 1979, Metode Interaktif.
-      Dahlan MD, 1984, Model-model Mengajar Bandung, Diponegoro.
VIII. Penilaian
:
-      Portofolio
-      Performance.





KONTRAK PERKULIAHAN

Kelompok Mata Kuliah                      :  Mata Kuliah Keahlian (MKK)
Nama / Kode Mata Kuliah                  :  Micro Teaching
Bobot Mata Kuliah                             :  4 SKS
Jenjang / Program Studi                      :  S1/Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Semester                                              :  IV ( empat ) Genap
Tempat                                                :  Laboratorium Micro Teaching
1. Manfaat Mata Kuliah

Setelah mengikuti perkuliahan Micro Teaching ini, manfaat yang diperoleh oleh mahasiswa adalah :
a.     Mendapatkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep keterampilan dasar mengajar
b.    Memahami persiapan dan kelengkapan menjadi seorang pendidik/guru profesional
2.   Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Melatih keterampilan dasar mengajar, yaitu keterampilan memberi penguatan, keterampilan bertanya, keterampilan variasi, keterampilan menjelaskan, membuka dan menutup pelajaran, pengelolaan kelas, membimbing diskusi kelompok kecil dan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan.
3.  Standar kompetensi

Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa Mampu mempraktikkan keterampilan dasar mengajar dan mengajar dengan baik.
4.  Kompetensi Dasar

Mahasiswa mampu mempraktikkan :
a.          keterampilan memberi penguatan
b.         keterampilan bertanya
c.          keterampilan variasi
d.         keterampilan menjelaskan
e.          membuka dan menutup pelajaran
f.          pengelolaan kelas
g.         membimbing diskusi kelompok kecil dan
h.         keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan.
5.  Strategi Perkuliahan

Metode perkuliahan ini menggunakan pendekatan konstruktivisme. Pembelajaran menerapkan berbagai metode belajar (deskripsi singkat, membuat peta konsep dan resume, telaah materi, diskusi, penyelesaian tugas dan kasus serta presentasi). Sebagai contoh dosen akan memberikan kuliah singkat pada awal-awal pertemuan untuk memberi latar belakang dan kerangka berpikir mahasiswa dalam memahami dan melakukan pembahasan serta penyelesaian tugas dan kasus-kasus dalam micro teaching. Partisipasi aktif dari mahasiswa sangat diutamakan seperti kemampuan mahasiswa dalam memahami, membahas dan menyelesaikan tugas dan kasus-kasus serta presentasi secara individual dan kelompok untuk menyajikannya di depan kelas sehingga pembelajaran lebih bermakna dan menarik.


6. Tugas-tugas
  -     Secara Individual dan Kelompok praktik mengajar micro teaching
-           Membuat tugas tertulis

Penyelesaian tugas sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, apabila tidak dipenuhi mahasiswa siap mendapatkan sanksi 2 X lipat dari tugas yang telah diberikan sebelumnya dan dikumpulkan paling lambat 2 hari sejak tanggal pemberian sanksi.

7. Materi / Bacaan Perkuliahan

- Sunaryo. Strategi Belajar Mengajar Dalam Pengajaran Ilmu Sosial. Dirjen Dikti, Depdikbud,
   Jakarta.
- Sulu Lasulo dkk. 1984. Pengajaran Micro TU PBM. Depdikbud, Jakarta
- Literatur lain yang relevan
8. Kriteria Penilaian

Penilaian dilakukan oleh dosen dengan menggunakan :
Nilai Akhir
(0 – 10)
Huruf Mutu
Point
Status
Lebih dari 85
A
4
Lulus
70 – 85
B
3
Lulus
60 – 69
C
2
Lulus
50 – 59
D
1
Lulus
Kurang dari 50
E
0
Tidak lulus

Dalam menentukan nilai akihir akan digunakan pembobotan Sebagai berikut
- Kehadiran                - Tugas Individu dan Kelompok
- UTS                            - Quis 1
- UAS                            - Quis 2
9. Jadwal Perkuliahan

Pertemuan
ke
Topik Bahasan
1
Penjelasan umum kontrak perkuliahan dan materi secara keseluruhan serta perkenalan
2
keterampilan memberi penguatan keterampilan bertanya
Praktik sub keterampilan
3
keterampilan variasi
keterampilan menjelaskan Praktik sub keterampilan
4
Quis
5 dan 6
membuka dan menutup pelajaran pengelolaan kelas
Praktik sub keterampilan
7
membimbing diskusi kelompok kecil dan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan.
Praktik sub keterampilan
8
Mid Semester

LANJUTAN MATERI DAN PRAKTIK KESELURUHAN ( Dosen Tim)





10. Tata Tertib
Mahasiswa wajib menggunakan pakaian yang dikenakan oleh seorang Pendidik

A.  Mahasiswa Laki-laki

- Memakai celana bahan / non jeans (warna hitam)
- Baju kemeja pendek/panjang ( tidak digulung) dan dimasukkan (warna putih).
- Sepatu kerja
- Rambut rapi
- Wajib menggunakan ikat pinggang

B.  Mahasiswa Perempuan

- Wajib menggunakan rok / tidak dibenarkan celana panjang dibungkus rok.
- Baju kemeja tidak ketat
- Sepatu kerja, bukan sepatu sandal/sandal
- Rambut tidak dicat / diwarna





            Mengetahui  :                                                                 Dosen Pengampu,
     Kepala Program Studi PGSD,




        H. Fachrurodji, Drs.                                                           Adang Sudarman, Drs., M.Pd



 






SILABUS, RENCANA MUTU PERKULIAHAN DAN
 KONTRAK PERKULIAHAN 

MATA KULIAH
MICRO  TEACHING
 
                                                                                                                                                                                   
                                                                                                                                        

 



























Disusun Oleh :
Adang Sudarman, Drs., M.Pd.




 


UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI  PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
JL. Tuparev No.70 Cirebon 45153 Telp. +62-231-209608, +62-231-209625
Fax. +62-231-209608 Website : http://www.umc.ac.id/


 



 



SILABUS, RANCANGAN MUTU PERKULIAHAN DAN
KONTRAK PERKULIAHAN

MATA KULIAH
MICRO  TEACHING
 
 









































                                                                                            


Disusun Oleh :
Adang Sudarman, Drs., M.Pd.




 
 











UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI  PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
JL. Tuparev No.70 Cirebon 45153 Telp. +62-231-209608, +62-231-209625
Fax. +62-231-209608 Website : http://www.umc.ac.id/


 
 





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar