Format
1 :
Evaluasi Diri untuk Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
(diisi oleh Guru
BK/Konselor)
Nama Sekolah:
|
|
Nomor
Statistik Sekolah:
|
||
Alamat:
|
Kecamatan:
|
Kabupaten/Kota:
|
||
Nama Guru:
|
Tahun Ajaran:
|
Tanggal:
|
||
Dimensi
Tugas Utama/Indikator Kinerja
|
Evaluasi diri terhadap
Indikator Kinerja
|
|||
A
|
PERENCANAAN LAYANAN BK
|
|
||
1.
|
Guru
BK/Konselor dapat menunjukkan landasan keilmuan dan esensi layanan BK pada
jalur, jenis dan jenjang pendidikan dalam perencanaan layanan BK.
|
|
||
2.
|
Guru BK/Konselor dapat
menyusun atau memilih instrumen, menganalisis data, mengaplikasikan dan
mengadministrasikan, serta menggunakan hasil asesmen.
|
|
||
3.
|
Guru
BK/Konselor dapat merancang program BK.
|
|
||
B
|
PELAKSANAAN
LAYANAN BK
|
|
||
Persiapan
Layanan BK
|
|
|||
4.
|
Guru
BK/Konselor dapat mengaplikasikan dasar-dasar pelayanan BK dalam penyusunan
Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL)
|
|
||
Pelaksanaan
Layanan BK
|
|
|||
5.
|
Guru
BK/Konselor dapat mengimplementasikan RPL (Satlan/Satkung) dalam
pelayanan BK.
|
|
||
6.
|
Guru
BK/Konselor dapat mengimplementasikan prinsip pendidikan dan dimensi
pembelajaran dalam pelayanan BK.
|
|
||
7.
|
Guru
BK/Konselor dapat mengaplikasikan tujuan, prinsip, azas, dan fungsi dalam
pelayanan BK.
|
|
||
8.
|
Guru
BK/Konselor dapat memfasilitasi pengembangan kehidupan pribadi, sosial,
kemampuan belajar dan perencanaan karir.
|
|
||
9.
|
Guru
BK/Konselor dapat memfasilitasi perolehan pelayanan BK sesuai dengan
pertumbuhan fisik dan perkembangan psikologis.
|
|
||
10.
|
Guru
BK/Konselor dapar memfasilitasi pengembangan sikap, perilaku dan kebiasaan
belajar.
|
|
||
Dimensi
Tugas Utama/Indikator Kinerja
|
Evaluasi diri terhadap
Indikator Kinerja
|
|||
11
|
Guru
BK/Konselor dapat menerapkan pendekatan/model konseling dalam pelayanan BK.
|
|
||
12.
|
Guru
BK/Konselor dapat melaksanakan pendekatan kolaboratif dengan pihak terkait
dalam pelayanan BK.
|
|
||
13
|
Guru
BK/Konselor dapat mengelola sarana dan biaya pelaksanaan
pelayanan BK.
|
|
||
Penilaian
Keberhasilan Layanan BK
|
|
|||
14
|
Guru
BK/Konselor dapat melakukan penilaian proses dan hasil pelayanan BK.
|
|
||
C
|
EVALUASI, PELAPORAN DAN TINDAK LANJUT LAYANAN BK
|
|
||
15.
|
Guru
BK/Konselor dapat mengevaluasi program BK.
|
|
||
16.
|
Guru
BK/Konselor dapat menyusun laporan pelaksanaan program (Lapelprog)
berdasarkan hasil evaluasi program BK.
|
|
||
17.
|
Guru
BK/Konselor dapat menentukan arah profesi (peran dan fungsi guru BK/
Konselor).
|
|
||
18.
|
Guru
BK/Konselor dapat merancang, melaksanakan, dan memanfaatkan hasil penelitian
dalam BK.
|
|
||
Tanda tangan
Kepala Sekolah:
_________________________
|
Tanda tangan
Guru BK/Konselor:
_________________________
|
Format
2 :
Rencana Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan Individu Guru (diisi oleh Koordinator dan Guru BK)
Nama Sekolah:
|
Nomor Statistik Sekolah:
|
||||||||
Alamat:
|
Kecamatan:
|
Kabupaten/Kota:
|
|||||||
Nama Guru:
|
Tahun Ajaran:
|
Tanggal:
|
|||||||
Demensi Tugas Utama/ Indikator Kinerja
|
Rencana Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan yang akan dilakukan Guru
|
Strategi Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||||
a
|
b
|
||||||||
A. Perencanaan
Layanan BK
|
|
||||||||
1.
Guru BK/Konselor dapat menunjukkan landasan
keilmuan dan esensi layanan BK pada jalur, jenis dan jenjang pendidikan dalam
perencanaan layanan BK.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Guru BK/Konselor dapat menyusun atau memilih instrumen,
menganalisis data, mengaplikasikan dan mengadministrasikan, serta menggunakan
hasil asesmen.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
Guru BK/Konselor dapat merancang
program BK.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. Pelaksanaan
Layanan BK
|
|
||||||||
Persiapan
Layanan BK
|
|
||||||||
4.
Guru BK/Konselor dapat
mengaplikasikan dasar-dasar pelayanan BK dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan
Layanan (RPL)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pelaksanaan
Layanan BK
|
|
||||||||
5.
Guru BK/Konselor dapat
mengimplementasikan RPL (Satlan/Satkung) dalam pelayanan BK.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
Guru BK/Konselor dapat mengimplementasikan prinsip
pendidikan dan dimensi pembelajaran dalam pelayanan BK.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
Guru BK/Konselor dapat mengaplikasikan tujuan,
prinsip, azas, dan fungsi dalam pelayanan BK.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
Guru BK/Konselor dapat memfasilitasi pengembangan
kehidupan pribadi, sosial, kemampuan belajar dan perencanaan karir.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
Guru BK/Konselor dapat memfasilitasi perolehan
pelayanan BK sesuai dengan pertumbuhan fisik dan perkembangan psikologis.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10. Guru
BK/Konselor dapar memfasilitasi pengembangan sikap, perilaku dan kebiasaan
belajar.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
Guru BK/Konselor dapat menerapkan
pendekatan/model konseling dalam pelayanan BK.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
Guru BK/Konselor dapat melaksanakan
pendekatan kolaboratif dengan pihak terkait dalam pelayanan BK.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13.
Guru BK/Konselor dapat mengelola
sarana dan biaya pelaksanaan pelayanan BK.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian Keberhasilan Layanan BK
|
|
||||||||
14.
Guru BK/Konselor dapat melakukan
penilaian proses dan hasil pelayanan BK.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C. Evaluasi,
Tindak lanjut dan Pelaporan Layanan BK
|
|
||||||||
15.
Guru BK/Konselor dapat mengevaluasi
program BK.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16.
Guru BK/Konselor dapat menyusun
laporan pelaksanaan program (Lapelprog) berdasarkan hasil evaluasi program
BK.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17.
Guru BK/Konselor dapat menentukan arah
profesi (peran dan fungsi guru BK/ Konselor).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18.
Guru BK/Konselor dapat merancang,
melaksanakan, dan memanfaatkan hasil penelitian dalam BK.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru
BK/Konselor:
____________________________
|
Kepala
Sekolah:
|
Catatan:
1.
Rencana
pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilakukan
oleh guru BK sendiri
2.
Rencana
pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilakukan
bersama guru lain
3.
Rencana
pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan
di sekolah
4.
Rencana
pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan
di MGBK
5.
Rencana
pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan
oleh institusi selain sekolah (a) atau MGBK (b)
6.
Kebutuhan pengembangan keprofesian berkelanjutan yang belum dapat
dipenuhi (diajukan/dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan untuk dipertimbangkan
Format 3: Rencana Final Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan (diisi oleh Koordinator Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan)
Nama Sekolah:
|
Nomor Statistik Sekolah:
|
||||||||||
Alamat:
|
Kecamatan:
|
Kabupaten/Kota:
|
|||||||||
Tahun Ajaran:
|
|
Tanggal:
|
|||||||||
No.
|
Nama Guru
|
Dimensi
Tugas Utama Guru BK/Konselor
|
Kompetensi
untuk menghasilkan Publikasi ilmiah dan Karya Inovatif
|
Kompetensi untuk
menunjang
Peningkatan Layanan BK
|
Kompetensi
Melaksanakan
Tugas Tambahan
|
||||||
Perencanaan Layanan BK
|
Pelaksanaan Layanan BK
|
Evaluasi, Pelaporan dan
Tindak Lanjut
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
Koordinator
Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan
__________________________
|
|
Diketahui oleh:
|
|||||||||
Ketua Komite Sekolah
_____________________
|
Kepala Sekolah
_________________
|
||||||||||
Format 4 : Refleksi
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (diisi oleh Guru BK/Konselor dan
Koordinator Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan)
Nama Sekolah:
|
Nomor Statistik Sekolah:
|
||||
Alamat:
|
Kecamatan:
|
Kabupaten/Kota:
|
|||
Nama Guru:
|
Tahun Ajaran:
|
Tanggal:
|
|||
BAGIAN A : DIISI
OLEH KOORDINATOR PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
|
|||||
1.
Apakah kegiatan yang dilakukan sesuai
dengan rencana kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan? Kalau tidak, apa sebabnya?
|
|
||||
2.
Portofolio kegiatan pengembangan
keprofesian berkelanjutan ada/tidak, lengkap/tidak?
|
|
||||
3.
Apakah guru sudah berusaha semaksimal
mungkin untuk mengembangkan diri selama 1 tahun terakhir?
|
|
||||
4.
Pengembangan keprofesian berkelanjutan yang
masih dibutuhkan menurut
guru dan/atau berdasarkan data dari sumber lain
|
|
||||
BAGIAN B : DIISI
OLEH KOORDINATOR PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN BERSAMA-SAMA DENGAN
GURU
|
|||||
1.
Dampak positif kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan
terhadap kompetensi guru
|
|
||||
2.
Dampak positif kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan
terhadap peningkatkan kemampuan guru untuk menghasilkan karya ilmiah dan
karya inovatif
|
|
||||
3.
Dampak Kegiatan pengembangan keprofesian
berkelanjutan terhadap peningkatan kinerja Guru
|
|
||||
4.
Dampak Kegiatan pengembangan keprofesian
berkelanjutan terhadap peningkatan kinerja Sekolah
|
|
||||
5.
Kegiatan pengembangan keprofesian
berkelanjutan dapat menunjang peningkatan kualitas peserta didik
|
|
||||
BAGIAN B : DIISI
OLEH KOORDINATOR PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
|
|||||
Apakah guru sudah siap mengajukan
permohonan untuk kenaikan pangkat?
Sudah/Belum
|
Penjelasan dari jawaban yang diberikan
|
||||
Tanda tangan
Guru:
|
Tanda tangan
Koordinator
Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan
|
Tanda tangan
Kepala Sekolah
|
|||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar