Kamis, 23 Agustus 2012

RINCIAN DAN ADM PENGAWAS SEKOLAH KOTA CIREBON


TUGAS  POKOK DAN RINCIAN TUGAS PENGAWAS  SEKOLAH
DI LINGKUNGAN DINAS PENDIDIKAN KOTA CIREBON

        Tugas pokok Pengawas Sekolah adalah melaksanakan tugas pengawasan akademik dan manajerial pada satuan pendidikan yang meliputi penyusunan program pengawasan, pelaksanaan pembinaan, pemantauan pelaksanaan 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan, penilaian, pembimbingan dan pelatihan professional Guru, serta evaluasi hasil pelaksanaan program pengawasan .
      ( Permeneg PAN & RB No. 21 Tahun 2010  tentang Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angfka Kreditnya)

 Rincian tugas pokok di atas, untuk Jabatan Pengawas Sekolah Madya adalah sebagai berikut.

1.      Menyusun program pengawasan;
2.      Melaksanakan pembinaan Guru dan /atau kepala sekolah;
3.      Memantau pelaksanaan standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan dan standar penilaian pendidikan;
4.      Melaksanakan penilaian kinerja Guru dan /atau kepala sekolah;
5.         Melaksanakan evaluasi hasil pelaksanaan program pengawasan pada sekolah binaan;
6.         Menyusun program pembimbingan dan pelatihan profesional Guru dan/atau kepala sekolah di KKG/MGMP/MGP dan/atau KKKS/MKKS dan sejenisnya;
7.      Melaksanakan pembimbingan dan pelatihan profesional Guru dan/atau kepala sekolah;
8.      Melaksanakan pembimbingan dan pelatihan kepala sekolah dalam menyusun program sekolah, rencana kerja, pengawasan dan evaluasi, kepemimpinan sekolah, dan sistem informasi dan manajemen;
9.      Mengevaluasi hasil pembimbingan dan pelatihan profesional Guru dan/atau kepala sekolah;
10.   Membimbing pengawas sekolah muda dalam melaksanakan tugas pokok.
11.   Membuat Laporan Hasill Pengawasan Sekolah.



KOORDINATOR PENGAWAS SEKOLAH
 KOTA  CIREBON,

  
Drs. ADANG SUDARMAN, M.Pd
NIP. 19531031 198211 1 001



LAMPIRAN  V :

PENGATURAN DISTRIBUSI BEBAN KERJA PENGAWAS SEKOLAH
( Berdasarkan Kegiatan Tatap Muka dan Non Tatap Muka )

NO
TUGAS POKOK
TATAP MUKA
NON
TATAP
MUKA
DISTRIBUSI
JAM/MINGGU
1
Menyusun  program  Pengawasaan

V
4
2
Malaksanakan  pembinaan guru  dan/ atau kepala sekolah
V

4
3
Memantau pemenuhan SNP
V

4
4
Melaksanakan  penilaian  kinerja guru dan / atau kepala sekolah
V

4
5
Melaksanakan  evaluasi  hasil  pelaksanaan program pengawasan pada sekolah binaan

V
6
6
Menyusun program pembimbingan dan pelatihan profesional guru dan / atau kepala sekolah

V
6
7
Melaksanakan pembimbingan dan
pelatihan  profesional guru dan / atau kepala sekolah
V

4
8
Mengevaluasi  hasil  pembimbingan dan pelatihan profesional guru dan / atau kepala sekolah

V
5.5

JUMLAH   JAM
37,5

Catatan: Jumlah yang dikunjungi minimal 2 sekolah per minggu.



KOORDINATOR PENGAWAS SEKOLAH
 KOTA  CIREBON,

  
Drs. ADANG SUDARMAN, M.Pd
NIP. 19531031 198211 1 001

















PERANGKAT ADMINISTRASI
BUKTI FISIK KINERJA PENGAWAS SEKOLAH

KOMPONEN 1.  PENYUSUNAN PROGRAM PENGAWASAN  (K 1)
No
ASPEK
BUKTI
1
Menyusun program pengawasan tahunan

Ada dokumen program pengawasan  tahunan yang memenuhi enam aspek sistematika:
1.     Identitas  
2.     Pendahuluan  
3.     Identifikasi dan analisis hasil pengawasan
4.     Matriks Program Pengawasan
5.     Penutup
6.     Lampiran
2
Identitas program pengawasan tahunan
Ada identitas program pengawasan tahunan yang berisi lima aspek:
1.   Halaman Judul
2.   Halaman pengesahan
3.   Kata pengantar
4.   Daftar isi
3
Pendahuluan   program pengawasan tahunan
Ada pendahuluan program pengawasan tahunan yang berisi enam aspek:
1.    Latar belakang
2.    Landasan hukum
3.    Tujuan dan sasaran
4.    Visi, misi dan strategi pengawasan
5.    Sasaran dan target pengawasan
6.    Ruang lingkup pengawasan
4
Identifikasi dan analisis hasil pengawasan program pengawasan tahunan
Ada identifikasi dan analisis hasil pengawasan program pengawasan tahunan yang berisi tiga aspek:
1.    Identifikasi hasil pengawasan tahun sebelumnya
2.    Analisis dan evaluasi hasil pembinaan tahun sebelumnya
3.    Tindak lanjut hasil pembinaan
5
Matriks program pengawasan program pengawasan tahunan
Ada matriks program pengawasan yang berisi lima aspek:
1.    Program pembinaan guru
2.    Program pembinaan kepala sekolah
3.    Program pemantauan SNP
4.    Program penilaian kinerja guru
5.    Program penilaian kinerja kepala sekolah
6
Lampiran  program pengawasan tahunan
Ada lampiran program pengawasan tahunan yang terdiri dari empat jenis:
1.    RPA/ RPBK/RPM
2.    Instrumen
3.    Jadwal pelaksanaan
4.    SK tugas pengawasan
7
Matriks program pembinaan guru
Ada matriks program pembinaan guru yang dibuktikan dengan:
1.    Materi  pembinaan guru meliputi kompetensi: pedagogik,  profesional, kepribadian dan sosial
2.    Program pembinaan guru dilengkapi dengan RPA
3.    Program pembinaan guru mempertimbangkan hasil penilaian kinerja guru dan program induksi
4.    Guru yang dibina memenuhi jumlah beban kerja minimal
8
Matriks program pembinaan kepala sekolah
Ada matriks program pembinaan kepala sekolah yang dibuktikan dengan:
1.    Materi pembinaan kepala sekolah tentang kompotensi: kepribadian dan sosial, kepemimpinan pembelajaran,  pengembangan sekolah,  manajemen sumber dayakewirausahaan, dan supervisi pembelajaran.
2.    Program pembinaan kepala sekolah disertai dengan RPM 
3.    Program pembinaan kepala sekolah mempertimbangkan hasil penilaian kinerja kepala sekolah
4.    Kepala sekolah yang dibina memenuhi jumlah beban kerja minimal
9
Matriks program pemantauan pelaksanaan delapan SNP
Ada matriks program pemantauan delapan SNP yang dibuktikan dengan:
1.    Program pemantauan delapan SNP terdiri dari: SI, SKL, Standar Proses, Satandar Penilaian, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan, Standar  Pendidik dan Tenaga Kependidikan, dan Standar Sarana.
2.    Program pemantauan  delapan SNP disertai dengan instrumen yang relevan.

10
Matriks program penilaian kinerja guru
Ada matriks program penilaian  kinerja guru yang dibuktikan dengan:
1.    Aspek penilaian terdiri dari  empat kompetensi (pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial).
2.    Program penilaian kinerja guru dilampiri   instrumen yang baku (Permendiknas No. 35/2010).
3.    Program penilaian kinerja guru memenuhi beban jumlah guru minimal.

11
Matriks program penilaian kinerja kepala sekolah
Ada matriks program penilaian  kinerja kepala sekolah yang dibuktikan dengan:
1.       Aspek penilaian kepala sekolah  terdiri dari kompotensi  kepribadian dan sosial, kepemimpinan pembelajaran,  pengembangan sekolah,  manajemen sumber daya,  kewirausahaan, dan supervisi pembelajaran.
2.       Program penilaian kepala sekolah dilampiri instrumen yang baku. (Permendiknas No. 35/2010).
3.       Program penilaian kinerja kepala sekolah memenuhi jumlah kepala sekolah binaan minimal.

12
Menyusun program pengawasan semester

Ada dokumen program pengawasan semesteran dengan sistematika dan enam aspek deskripsi kegiatan:
1.    Identitas sekolah 
2.    Visi dan misi
3.    Identifikasi  masalah
4.    Deskripsi kegiatan:
·        tujuan
·        sasaran
·        target keberhasilan
·        indikator
·        metode kerja
·        jadwal

13
Menyusun Rencana  Pengawasan Akademik (RPA)/ Rencana  Pengawasan Bimbingan Konseling (RPBK) dan Rencana Pengawasan Manajerial (RPM)
Ada dokumen RPA/RPBK dan RPM yang berisi sepuluh aspek:
1.    Sekolah/sasaran/tempat
2.    Aspek pembinaan
3.    Tujuan
4.    Indikator keberhasilan
5.    Strategi/metode/teknik
6.    Skenario kegiatan
7.    Sumber daya yang digunakan
8.    Penilaian dan instrumen
9.    Rencana tindak lanjut
10.  Waktu
14
Instrumen kegiatan pengawasan
Ada instrumen untuk kegiatan pengawasan yang terdiri dari:
1.    Instrumen pembinaan guru
2.    Instrumen pembinaan kepala sekolah
3.    Instrumen pemantauan SNP
4.    Instrumen penilain kinerja guru
5.    Instrumen penilaian kinerja kepala sekolah


















KOMPONEN 2.  PELAKSANAAN PROGRAM PENGAWASAN (K 2)
No
KRITERIA
BUKTI
1
Melaksanakan pembinaan guru 
Ada dukumen laporan pelaksanaan  program pembinaan guru yang ditunjukkan dengan enam bukti:
1.    Surat keterangan pelaksanaan pembinaan guru
2.    Daftar hadir pembinaan guru (memenuhi jumlah minimal guru)
3.    Jadwal pelaksanaan pembinaan guru
4.    Kesimpulan hasil pembinaan guru
5.    Tindak lanjut hasil pembinaan guru
6.    Materi pembinaan guru meliputi kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan  sosial
2
Melaksanakan pembinaan kepala sekolah
Ada dukumen laporan pelaksanaan  program pembinaan kepala sekolah yang memenuhi enam bukti:
1.    Surat keterangan pembinaan  
2.    Daftar hadir pembinaan (memenuhi jumlah beban kerja minimal)
3.    Jadwal pelaksanaan pembinaan  
4.    Kesimpulan hasil pembinaan  
5.    Tindak lanjut hasil pembinaan 
6.    Materi pembinaan kepala sekolah  (kompetensi kepribadian dan sosial, kepemimpinan pembelajaran,  pengembangan sekolah,  manajemen sumber daya,  kewirausahaan, dan supervisi pembelajaran).
3
Memantau pelaksanaan  delapan SNP 
Ada dukumen laporan pelaksanaan
pemantauan pelaksanaan  delapan SNP  yang ditunjukkan dengan enam bukti:
1.    Surat keterangan pelaksanaan pemantauan delapan SNP
2.    Daftar sekolah yang dipantau
3.    Instrumen yang telah diisi  
4.    Hasil pengolahan pemantauan
5.    Kesimpulan temuan pemantauan
6.    Rekomendasi/Tindak lanjut
4
Melaksanakan penilaian kinerja guru 
Ada dokumen laporan pelaksanaan  program penilaian kinerja guru yang ditunjukkan dengan enam bukti:    
1.    Surat keterangan pelaksanaan penilaian kinerja guru
2.    Instrumen penilaian kinerja yang telah diisi
3.    Daftar hadir guru yang dinilai (memenuhi beban jumlah guru minimal)
4.    Hasil pengolahan penilaian kinerja guru
5.    Kesimpulan penilaian kinerja guru
6.    Rekomendasi/Tindak lanjut
5
Melaksanakan penilaian kinerja kepala sekolah 
Ada dokumen laporan program penilaian kinerja  kepala sekolah yang ditunjukkan dengan enam bukti:
1.    Surat keterangan pelaksanaan penilaian kinerja  kepala sekolah,
2.    Instrumen penilaian kinerja yang telah diisi
3.    Daftar hadir  kepala sekolah yang dinilai (memenuhi jumlah minimal kepala sekolah binaan)   
4.    Hasil pengolahan penilaian kinerja  kepala sekolah
5.    Kesimpulan penilaian kinerja  kepala sekolah
6.    Rekomendasi/Tindak lanjut

KOMPONEN 3.  EVALUASI  PELAKSANAAN PROGRAM PENGAWASAN (K 3)
No
KRITERIA
INDIKATOR/BUKTI
1.
Mengevaluasi hasil pelaksanaan program pembinaan guru
Ada laporan hasil evaluasi pelaksanaan program pembinaan guru yang ditunjukkan dengan empat bukti: 
1.    Data hasil pembinaan guru
2.    Hasil analisis 
3.    Kesimpulan
4.    Tindak lanjut 


2
Mengevaluasi hasil pelaksanaan program pembinaan  kepala sekolah
Ada laporan hasil evaluasi pelaksanaan pembinaan kepala sekolah yang ditunjukkan dengan empat bukti:
1.    Data hasil pembinaan kepala sekolah
2.    Hasil analisis 
3.    Kesimpulan
4.    Tindak lanjut 

3
Mengevaluasi hasil pelaksanaan program pemantauan
delapan SNP
Ada laporan hasil evaluasi pelaksanaan program pemantauan delapan SNP yang ditunjukkan dengan empat bukti: 
1.    Data hasil pemantauan delapan SNP
2.    Hasil analisis 
3.    Kesimpulan
4.    Tindak lanjut 

4
Mengevaluasi hasil pelaksanaan program penilaian kinerja guru
Ada laporan hasil evaluasi pelaksanaan program penilaian kinerja guru yang ditunjukkan dengan empat bukti:
1.   Data hasil penilian kinerja guru
2.   Hasil analisis 
3.   Kesimpulan
4.   Tindak lanjut 

5
Mengevaluasi hasil pelaksanaan program penilaian kinerja kepala  sekolah
Ada laporan hasil evaluasi pelaksanaan program penilaian kinerja kepala  sekolah yang ditunjukkan dengan empat bukti: 
1. Data hasil penilaian kinerja kepala sekolah
2.   Hasil analisis 
3.   Kesimpulan
4.   Tindak lanjut 
6
Membuat  laporan pengawasan tahunan








Ada dokumen  laporan  tahunan hasil pengawasan yang  sesuai dengan tujuh aspek sistematika dan isi:
1.    Identitas (halaman judul, halaman pengesahan, kata pengantar, daftar isi)
2.    Pendahuluan (latar belakang, fokus masalah, tujuan dan sasaran, tugas pokok/ruang lingkup)
3.    Kerangka pikir pemecahan masalah
4.    Pendekatan dan metode pengawasan
5.    Hasil pengawasan pada sekolah binaan (pembinaan guru dan kepala sekolah, pemantauan SNP, penilaian kinerja guru dan kepala sekolah, pembimbingan dan pelatihan profesionalisme guru dan kepala sekolah)  
6.    Penutup (simpulan  saran dan rekomendasi)
7.    Lampiran (RPA/RPM/RPBK, jadwal, surat tugas, instrumen hasil pengawasan)


KOMPONEN 4  : PEMBIMBINGAN DAN PELATIHAN PROFESIONAL GURU (K 4)
No
KRITERIA
BUKTI
1
Menyusun program pembimbingan dan pelatihan profesional guru di MGMP/KKG /MGP
Ada matriks program pembimbingan  dan pelatihaan profesional guru di MGMP/KKG meliputi empat aspek:
1.    Penguasaan kompetensi guru
2.    Pengembangan diri
3.    Publikasi ilmiah
4.    Karya Inovatif

2
Menyusun program pembimbingan dan pelatihan profesional kepala sekolah di KKKS/MKKS

Ada matriks program pembimbingan dan pelatihan profesional kepala sekolah di KKKS/MKKS meliputi empat aspek:
1.       Penguasaan kompetensi kepala sekolah
2.       Penguasan kompetensi tugas tambahan   sebagai kepala sekolah
3.       Pembimbingan penulisan  KTI
4.       Pembimbingan pelaksanaan pendidikan karakter, program induksi, EDS, akreditasi  sekolah dll.

3
Menyusun program   pembimbingan dan pelatihan  kepala sekolah dalam menyusun program sekolah, rencana kerja, pengawasan dan evaluasi, kepemimpinan sekolah dan SIM sekolah.
Ada matriks program pembimbingan dan pelatihan  kepala sekolah yang meliputi lima aspek:
1.    penyusunan program sekolah
2.    rencana kerja
3.    pengawasan dan evaluasi
4.    kepemimpinan sekolah
5.    SIM sekolah
4




Menyusun program pembimbingan  pengawas muda   dalam melaksanakan tugas pokok.
Ada matriks program pembimbingan  pengawas muda dalam melaksanakan tugas pokok yang meliputi aspek:
1.    Penyusunan program pengawasan
2.    pelaksanaan program pengawasan
3.    Evaluasi hasil  pelaksanaan program pengawasan
4.    Penyusunan laporan hasil pengawasan
5
Melaksanakan pembimbingan dan pelatihan profesionalisme guru di MGMP/KKG/ MGP
Ada dokumen laporan pelaksanaan pembimbingan dan pelatihan profesionalisme guru di MGMP/KKG/MGP  yang ditunjukkan dengan emapt bukti:  
1.    Surat keterangan 
2.    Daftar hadir guru
3.    Jadwal pelaksanaan 
4.    Materi pembimbingan dan pelatihan  (pengembangan diri, publikasi ilmiah,  karya Inovatif)
5.    Kesimpulan   
6.    Tindak lanjut       
6
Melaksanakan pembimbingan dan pelatihan profesionalisme Kepala Sekolah di KKKS/MKKS
Ada dukumen laporan pelaksanakan program pembimbingan dan pelatihan profesionalisme  kepala sekolah di  KKKS/MKKS  yang ditunjukkan dengan enam bukti:  
1.    Surat keterangan 
2.    Daftar hadir kepala sekolah
3.    Jadwal pelaksanaan 
4.    Materi pembimbingan  dan pelatihan  (kompetensi tugas tambahan , penulisan  KTI, pendidikan karakter, program induksi, EDS/MSDP, akreditasi  sekolah dll.)
5.    Kesimpulan 
6.    Tindak lanjut 
7
Melaksanakan  pembimbingan dan pelatihan  kepala sekolah dalam menyususun program sekolah, rencana kerja, pengawasan dan evaluasi, kepemimpinan sekolah dan SIM sekolah.
Ada dokumen laporan pelaksanaan  pembimbingan dan pelatihan  kepala sekolah dalam menyususun program sekolah,  rencana kerja, pengawasan dan evaluasi, kepemimpinan sekolah, dan SIM sekolah yang ditunjukkan dengan lima bukti:
1.    Surat keterangan  
2.    Daftar hadir guru dan kepala sekolah  
3.    Jadwal pelaksanaan  
4.    Kesimpulan  
5.    Tindak lanjut.
8
Membimbing pengawas sekolah muda  dalam melaksanakan tugas pokok
Ada dokumen laporan pelaksanaan  program pembimbingan pengawas sekolah muda dalam melaksanakan tugas pokok yang ditunjukkan dengan enam bukti:
1.    Surat keterangan pembimbingan pengawas sekolah muda minimal dari Korwas
2.    Daftar hadir pengawas sekolah yang dibimbing
3.    Jadwal pelaksanaan pembimbingan pengawas sekolah muda
4.    Materi pembimbingan (penyusunan program, pelaksanaan program, evaluasi hasil  pelaksanaan program, penyusunan laporan)
5.    Kesimpulan hasil pembimbingan
6.    Tindak lanjut.
9
Mengevaluasi hasil pelaksanaan pembimbingan dan pelatihan guru di MGMP/KKG/ MGP
Ada laporan hasil evaluasi pelaksanaan program  pembimbingan dan pelatihan guru di MGMP/KKG/MGP yang ditunjukkan dengan empat bukti: 
1.    Data hasil pembimbingan dan pelatihan guru
2.    Hasil analisis 
3.    Kesimpulan
4.    Tindak lanjut 

10
Mengevaluasi hasil pelaksanaan pembimbingan dan pelatihan kepala sekolah  di KKKS/MKKS

Ada laporan hasil evaluasi pelaksanaan pembimbingan dan pelatihan kepala sekolah  di KKKS/MKKS yang ditunjukkan dengan empat bukti: 
1.    Data hasil pembimbingan dan pelatihan kepala sekolah
2.    Hasil analisis 
3.    Kesimpulan
4.    Tindak lanjut 
11
Mengevaluasi pelaksanakan  pembimbingan dan pelatihan  kepala sekolah dalam menyususun program sekolah rencana kerja, pengawasan dan evaluasi, kepemimpinan sekolah dan SIM sekolah.
Ada laporan hasil evaluasi pelaksanakan  pembimbingan dan pelatihan  kepala sekolah dalam menyususun program sekolah rencana kerja, pengawasan dan evaluasi, kepemimpinan sekolah dan SIM sekolah yang ditunjukkan dengan empat bukti: 
  1.     Data hasil pembimbingan dan pelatihan  
  2.     Hasil analisis 
  3.     Kesimpulan
  4.     Tindak lanjut 
12



Mengevaluasi hasil pembimbingan pengawas muda dalam melaksanakan tugas pokok

Ada laporan hasil evaluasi pembimbingan pengawas muda dalam melaksanakan tugas pokok yang ditunjukkan dengan empat bukti: 
1.    Data hasil pembimbingan pengawas muda dalam melaksanakan tugas pokok
2.    Hasil analisis 
3.    Kesimpulan
4.    Tindak lanjut 




KOORDINATOR PENGAWAS SEKOLAH
 KOTA  CIREBON,

Drs. ADANG SUDARMAN, M.Pd
NIP. 19531031 198211 1 001




1 komentar:

  1. Dimanakah saya bisa dapatkan contoh Laporan Lengkap-nya, ya Pak...
    Karena saya masih baru di "ranah" kepengawasan ini...

    BalasHapus