Kamis, 20 September 2012

INSTRUMEN PENGAWASAN SEKOLAH



Logo pemda
PEMERINTAH KOTA CIREBON
DINAS PENDIDIKAN
Kompleks Perkantoran
Jalan Brigjen Dharsono No. 7 ( (0231) 486579  Fax (0231) 486296 CIREBON 45132

FORMAT PRA OBSERVASI SUPERVISI KLINIS

Nama Sekolah               : …………………………………………………………………………………………
Nama Guru                   : ………………………………………………………………………………………..
NIP                              : ………………………………………………………………………………………..
Mata Pelajaran              : ………………………………………………………………………………………..
Semester/Kelas                         : ……………………………………………………………………………………….
Tahun Pelajaran                         :………………………………………………………………………………………….
Ha ri  /Tanggal Waktu        : ………………………………………………………………………………………..

NO.
ASPEK PRA SUPERVISI
CATATAN
1.   1
Masalah yang dihadapi guru

2.   2
Masalah yang dihadapi siswa

3.   3
Kompetensi yang ingin dicapai siswa

4.   4
Materi pokok pembelajaran

5.   5
Tujuan Pembelajaran

6.   6
Langkah-langkah pembelajaran

7.   7
Media yang akan digunakan

8.   8
Sistem Penilaian yang akan digunakan

9.   9
Tindak lanjut





Guru,



_____________________

........ ,.......................... 20....
Pengawas Sekolah,

_________________________











Logo pemda
PEMERINTAH KOTA CIREBON
DINAS PENDIDIKAN
Kompleks Perkantoran
Jalan Brigjen Dharsono No. 7 ( (0231) 486579  Fax (0231) 486296 CIREBON 45132

FORMAT OBSERVASI PROSES PEMBELAJARAN SISWA
( SUPERVISI KLINIS )

Nama Sekolah               : …………………………………………………………………………………………
Nama Guru                   : ………………………………………………………………………………………..
NIP                              : ………………………………………………………………………………………..
Mata Pelajaran              : ………………………………………………………………………………………..
Semester/Kelas                         : ……………………………………………………………………………………….
Tahun Pelajaran                         :………………………………………………………………………………………….
Ha ri  /Tanggal Waktu        : ………………………………………………………………………………………..
Dokumen/ Alat Peraga/ Media yang Digunakan : ……………………………………………………………. 

No
Aspek
Aktivitas
Keterangan
Guru
Siswa
A
Kegiatan Pendahuluan - Mengkondisikan siswa
(apersepsi, motivasi, dan
atau yang lainnya)
- Menyampaikan SK-KD /Indikator/Tujuan Pembelajaran



B
Kegiatan Inti (Bagaimana siswa belajar)



C



Kegiatan. Penutup
·         Refleksi
·         Membuat rangkuman /kesimpulan
·         Post tes
·         MenentukanTindak
          lanjut




Kesimpulan : ……………………………………………………………………………………………………………………………………

Mengetahui                                                                                                                ………………………………..
Kepala Sekolah                                             Guru Mata Pelajaran                                               Pengawas Sekolah




___________________                                  ________________________                               _______________________


                                               


Logo pemda
PEMERINTAH KOTA CIREBON
DINAS PENDIDIKAN
Kompleks Perkantoran
Jalan Brigjen Dharsono No. 7 ( (0231) 486579  Fax (0231) 486296 CIREBON 45132

FORMAT POST SUPERVISI KLINIS

Nama Sekolah               : …………………………………………………………………………………………
Nama Guru                   : ………………………………………………………………………………………..
NIP                              : ………………………………………………………………………………………..
Mata Pelajaran              : ………………………………………………………………………………………..
Semester/Kelas                         : ……………………………………………………………………………………….
Tahun Pelajaran                         :………………………………………………………………………………………….
Ha ri  /Tanggal Waktu        : ………………………………………………………………………………………..

NO
TEMUAN
REKOMENDASI/BALIKAN
KETERANGAN
1.
Persiapan Pembelajaran:


2.
Pelaksanaan Pembelajaran:
a.    Guru:
b.    Siswa:


3.
Lainnya:





                Guru,



_____________________

........ ,.......................... 20....
Pengawas Sekolah,

_________________________





Logo pemda
PEMERINTAH KOTA CIREBON
DINAS PENDIDIKAN
Kompleks Perkantoran
Jalan Brigjen Dharsono No. 7 ( (0231) 486579  Fax (0231) 486296 CIREBON 45132

SUPERVISI STANDAR  PENILAIAN

1.  Nama Sekolah
2.  Kompetensi Keahlian

: .....................................................................
:

a.                                  
Akreditasi : ..............................
Tahun :....
b.                                  
Akreditasi : ..............................
Tahun :....
c.                                  
Akreditasi : ..............................
Tahun :....
d.                                  
Akreditasi : ..............................
Tahun :....
e.                                  
Akreditasi : ..............................
Tahun :....
f.                                   
Akreditasi : ..............................
Tahun :....
g.                                  
Akreditasi : ..............................
Tahun :....
3.    Alamat Sekolah

NO
ASPEK / DIMENSI SUPERVISI / INDIKATOR
SKOR PEROLEHAN
KETERANGAN
0
1
2
3
4
A.
SOSIALISASI DAN INSTRUMEN PENILAIAN






1.    
Guru mensosialisasikan rancangan dan kriteria penilaian






2.    
Penilaian sesuai dengan indikator pencapaian SKKD






3.    
Guru mengembangkan instrumen dan kriteria penilaian






4.    
Guru menggunakan teknik penilaian sesuai karakteristik mata pelajaran






5.    
Instrumen penilaian memenuhi subtansi, konstruksi dan bahasa






B.
PENGOLAHAN NILAI






1.    
Guru mengolah hasil penilaian






2.    
Guru mengembalikan hasil pekerjaan siswa disertai saran






3.    
Guru melaksanakan penilaian akhlak mulia,kepribadian,estetika dan kesegaran jasmani






4.    
Guru melaksanakan tes, pengamatan, penugasan dan remedial






5.    
Guru mengisi buku nilai secara lengkap






C.
PELAPORAN NILAI






1.    
Guru melaporkan hasil penilaian kepada ketua program/wakil kurikulum






2.   
Guru melaporkan penilaian kepribadian & akhlak kpd guru PPKN &Agama






3.   
Sekolah memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan pemelaj aran






4.    
Sekolah melaporkan hasil penilaian kepada orang tua secara berkala






5.    
Sekolah melaporkan hasil penilaian ke Dinas Pendidikan/Bidang SMK






D
ANALISIS DAN TINDAK LANJUT






1.    
Guru memiliki format analisis hasil belajar






2.    
Guru membuat analisis ketuntasan belajar dan analisis soal ulangan






3.    
Guru membuat program dan jadual remedial






4.    
Guru melaksanakan remedial






5.    
Guru membuat laporan hasil remedial






E.
KENDALI MUTU






1.    
Ada tim quality assurance dan tim quality control






2.    
Tim melakukan verifikasi proses belajar dan penilaian






3.    
Peserta didik menyimpan bukti hasil belajar






4.    
Sekolah mengisi laporan hasil belajar/raport






5.    
Sekolah memiliki sistem data base penilaian




















Text Box: 86 - 100 = A
71 - 85 = B
56 - 70 = C
< 56 = D
Text Box: Perolehan Nilai Kesimpulan
Saran / Rekomendasi Kepala Sekolah,




……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

Mengetahui                                                                                                       ………………………………..
Kepala Sekolah                                                                                                              Pengawas Sekolah



___________________                                                                                            _______________________





Logo pemda
PEMERINTAH KOTA CIREBON
DINAS PENDIDIKAN
Kompleks Perkantoran
Jalan Brigjen Dharsono No. 7 ( (0231) 486579  Fax (0231) 486296 CIREBON 45132

SUPERVISI BIMBINGAN DAN KONSELING

1 Nama Sekolah
2 Alamat
3 Hari/tanggal
Konselor yang disupervisi :  ……………………………………………………………………………………..
No
Kegiatan/ Komponen
S kor
3
Ket.
4
3
2
1
0
A.
PROGRAM







1
Program tahunan, semester, bulanan, Agenda Kerja Konselor dan jadwal kegiatan konselor






B.
KEGIATAN PELAYANAN







1
Daftar Konseling







2
Data             Kebutuhan      dan       Permasalahan
Konseling






C.
AKTIFITAS                PELAYANAN       BIMBINGAN       &
KONSELING







1
PEMAHAMAN








a.  
Sosiometri








b. 
Kunjungan Rumah








c.  
Catatan Anekdot








d. 
Konferensi Kasus







2
PELAYANAN LANGSUNG








a.  
Konseling Individual








b. 
Konseling Kelompok








c.  
Konsultasi








d. 
Bimbingan Kelompok








e. 
Bimbingan Klasikal








f.   
Referal







3
PELAYANAN TIDAK LANGSUNG








a.  
Papan Bimbingan








b. 
Kotak Masalah








c.  
Bibliokonseling








d. 
Audiovisual








e. 
Audio








f.   
Media Cetak (liflet, buku saku)






D.
PELAPORAN







1
Laporan Bulanan










2
Laporan Semesteran / Tahunan







E.
EVALUASI








1
Laporan Hasil Evaluasi Program, Proses dan produk BK serta tindak lanjutnya







JUMLAH SKOR :



















Kesimpulan : ……………………………………………………………………………………………………………………………………

Mengetahui                                                                                                                ………………………………..
Kepala Sekolah                                             Guru Mata Pelajaran                                               Pengawas Sekolah



___________________                           ________________________               __________
 





Logo pemda
PEMERINTAH KOTA CIREBON
DINAS PENDIDIKAN
Kompleks Perkantoran
Jalan Brigjen Dharsono No. 7 ( (0231) 486579  Fax (0231) 486296 CIREBON 45132

INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU
(Mengacu Tugas Pokok Guru )

No
PROGRAM

KOMPONEN YANG DINILAI
SKOR
1
2
3
4
1
Perencanaan Pembelajaran
1.           
Menggunakan Kalender Pendidikan




2.           
Menyusun Program Tahunan




3.           
Menyusun Program Semester




4.           
Memperbaiki Silabus sesuai karakterisitik siswa




5.           
Mengembangkan RPP sesuai karakterisitik siswa




6.           
Menetapkan KKM




7.           
Menggunakan Agenda Harian Guru




8.           
Memiliki Jadwal Tatap Muka




9.           
Mengelola buku Absensi Siswa




10.       
Mengelola buku Nilai




2.
Pelaksanaan
Pembelajaran
11.       
Mengkondisikan  kelas (kegiatan pendahuluan)




12.       
Memfasilitasi  siswa mengeksplorasi informasi (kegiatan inti)




13.       
Mengembangkan pengalaman mengelaborasi informasi (kegiatan inti)




14.       
Mengembangkan pengalaman belajar mengkonfirmasi informasi (kegiatan inti)




15.       
Melaksanakan penilaian proses (kegiatan inti)




16.       
Menilai pengetahuan, karakter, dan keterampilan siswa (kegiatan inti)




17.       
Melaksanakan kegiatan refleksi (penutupan)




3.
Penilaian Hasil
Pembelajaran
18.       
Menggunakan Daftar Nilai sesuai dengan standar penilaian




19.       
Melaksanakan tes dalam bentu  Ulangan Harian,UTS,UAS/UKK




20.       
Melakukan penilaian Ahlak Mulia dan
Kepribadian




21.       
Melaksanakan penilaian keterampilan siswa




22.       
Menilai kreativitas dan inovasi siswa




23.       
Melakukan Analisis Ulangan Harian




24.       
Remedial dan Pengayaan




25.       
Instrumen tes setiap KD




26.       
Menyusun Bank Soal




27.       
Menggunakan Kartu soal




28.       
Melaksanakan Analisis Penilaian




4
Melatih dan membimbing siswa
29.       
Melatih dan membimbing siswa dalam
remedial dan pengayaan




30.       
Membimbing siswa meraih target pretasi dalam Kegiatan Ekstra Kurikuler




31.       
Memberikan bimbingan dalam kegiatan Karya Ilmiah Siswa




5
Tugas tambahan
32.       
Menjadi Wakil Kepala Sekolah






33.       
Menjadi Wali Kelas






34.       
Menjadi pembina ekstrakurikuler






35.       
Melaksanakan tugas piket






36.       
Menjadi Pembina Osis




6
Mengembangkan kegiatan profesi
37.       
Melakukan penelitian tindakan kelas




38.       
Mengikuti pendidikan/seminar dsb.




39.       
Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi






40.       
Meningkatkan penguasaan bahasa asing




Skor yang diperolah

Persentase Kinerja

*) sesuai jenis dan jenjang pendidikan
Nilai proses pemenuhan komponen standar  :






Jumlah yang terpenuhi
----------------------------  X   100%  =   .........(Nilai Akhir)
                160
 


Rounded Rectangle: Pencapaian Kinerja
...................................
.......................................
 






    Ketercapaian:
86 % - 100 %
=
Baik Sekali


70% - 85 %
=
Baik

55% - 69 %
=
Cukup

Di bawah 55%
=
Kurang
Catatan Tindak Lanjut :
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................


 
 





Mengetahui :
Kepala Sekolah




.......................................
NIP/NIK
Yang Dinilai,





............................................
NIP/NIK
Pengawas Sekolah,





...............................................
NIP.

Keterangan:
Keterangan:
1 = Di bawah standar/ Sangat rendah
2 = Hampir memenuhi standar/Kurang baik
3 = Memenuhi Standar/Baik
4 = Melebihi Standar/Sangat baik

Klasifikasi kinerja berdasarkan persentase yang diperoleh:
86 -100
=
Amat Baik
70-85
=
Baik
55-69
=
Cukup
<55
=
Kurang


1 komentar: