|
PEMERINTAH KOTA CIREBON
DINAS PENDIDIKAN
Kompleks
Perkantoran
Jalan Brigjen Dharsono No. 7 ( (0231) 486579 Fax (0231) 486296 CIREBON 45132
|
FORMAT
PRA OBSERVASI SUPERVISI KLINIS
Nama Sekolah : …………………………………………………………………………………………
Nama Guru :
………………………………………………………………………………………..
NIP :
………………………………………………………………………………………..
Mata Pelajaran :
………………………………………………………………………………………..
Semester/Kelas
:
……………………………………………………………………………………….
Tahun
Pelajaran :………………………………………………………………………………………….
Ha
ri /Tanggal Waktu :
………………………………………………………………………………………..
NO.
|
ASPEK PRA SUPERVISI
|
CATATAN
|
1. 1
|
Masalah yang dihadapi guru
|
|
2.
2
|
Masalah
yang dihadapi siswa
|
|
3.
3
|
Kompetensi
yang ingin dicapai siswa
|
|
4.
4
|
Materi
pokok pembelajaran
|
|
5.
5
|
Tujuan
Pembelajaran
|
|
6.
6
|
Langkah-langkah
pembelajaran
|
|
7.
7
|
Media yang
akan digunakan
|
|
8.
8
|
Sistem
Penilaian yang akan digunakan
|
|
9.
9
|
Tindak
lanjut
|
|
Guru,
_____________________
|
|
........ ,.......................... 20....
Pengawas
Sekolah,
_________________________
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PEMERINTAH KOTA CIREBON
DINAS PENDIDIKAN
Kompleks
Perkantoran
Jalan Brigjen Dharsono No. 7 ( (0231) 486579 Fax (0231) 486296 CIREBON 45132
|
FORMAT
OBSERVASI PROSES PEMBELAJARAN SISWA
(
SUPERVISI KLINIS )
Nama Sekolah : …………………………………………………………………………………………
Nama Guru :
………………………………………………………………………………………..
NIP :
………………………………………………………………………………………..
Mata Pelajaran :
………………………………………………………………………………………..
Semester/Kelas
:
……………………………………………………………………………………….
Tahun
Pelajaran :………………………………………………………………………………………….
Ha
ri /Tanggal Waktu :
………………………………………………………………………………………..
Dokumen/
Alat Peraga/ Media yang Digunakan : …………………………………………………………….
No
|
Aspek
|
Aktivitas
|
Keterangan
|
|
Guru
|
Siswa
|
|||
A
|
Kegiatan Pendahuluan - Mengkondisikan siswa
(apersepsi, motivasi, dan
atau yang lainnya)
- Menyampaikan SK-KD /Indikator/Tujuan Pembelajaran
|
|
|
|
B
|
Kegiatan Inti (Bagaimana siswa belajar)
|
|
|
|
C
|
Kegiatan.
Penutup
·
Refleksi
·
Membuat rangkuman /kesimpulan
·
Post tes
· MenentukanTindak
lanjut
|
|
|
|
Kesimpulan :
……………………………………………………………………………………………………………………………………
Mengetahui
………………………………..
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Pengawas Sekolah
___________________
________________________
_______________________
|
|
PEMERINTAH KOTA CIREBON
DINAS PENDIDIKAN
Kompleks
Perkantoran
Jalan Brigjen Dharsono No. 7 ( (0231) 486579 Fax (0231) 486296 CIREBON 45132
|
FORMAT POST SUPERVISI KLINIS
Nama Sekolah : …………………………………………………………………………………………
Nama Guru :
………………………………………………………………………………………..
NIP :
………………………………………………………………………………………..
Mata Pelajaran :
………………………………………………………………………………………..
Semester/Kelas
:
……………………………………………………………………………………….
Tahun
Pelajaran :………………………………………………………………………………………….
Ha
ri /Tanggal Waktu :
………………………………………………………………………………………..
NO
|
TEMUAN
|
REKOMENDASI/BALIKAN
|
KETERANGAN
|
1.
|
Persiapan
Pembelajaran:
|
|
|
2.
|
Pelaksanaan
Pembelajaran:
a. Guru:
b. Siswa:
|
|
|
3.
|
Lainnya:
|
|
|
Guru,
_____________________
|
|
........ ,.......................... 20....
Pengawas
Sekolah,
_________________________
|
|
PEMERINTAH KOTA CIREBON
DINAS PENDIDIKAN
Kompleks
Perkantoran
Jalan Brigjen Dharsono No. 7 ( (0231) 486579 Fax (0231) 486296 CIREBON 45132
|
SUPERVISI
STANDAR PENILAIAN
1.
Nama Sekolah
2.
Kompetensi Keahlian
|
: .....................................................................
:
|
|
a.
|
Akreditasi : ..............................
|
Tahun :....
|
b.
|
Akreditasi : ..............................
|
Tahun :....
|
c.
|
Akreditasi : ..............................
|
Tahun :....
|
d.
|
Akreditasi : ..............................
|
Tahun :....
|
e.
|
Akreditasi : ..............................
|
Tahun :....
|
f.
|
Akreditasi : ..............................
|
Tahun :....
|
g.
|
Akreditasi : ..............................
|
Tahun :....
|
3. Alamat Sekolah
NO
|
ASPEK / DIMENSI SUPERVISI / INDIKATOR
|
SKOR
PEROLEHAN
|
KETERANGAN
|
||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
A.
|
SOSIALISASI DAN INSTRUMEN
PENILAIAN
|
|
|
|
|
|
|
1.
|
Guru
mensosialisasikan rancangan dan kriteria penilaian
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Penilaian
sesuai dengan indikator pencapaian SKKD
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Guru
mengembangkan instrumen dan kriteria penilaian
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Guru
menggunakan teknik penilaian sesuai karakteristik mata pelajaran
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Instrumen
penilaian memenuhi subtansi, konstruksi dan bahasa
|
|
|
|
|
|
|
B.
|
PENGOLAHAN NILAI
|
|
|
|
|
|
|
1.
|
Guru
mengolah hasil penilaian
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Guru
mengembalikan hasil pekerjaan siswa disertai saran
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Guru
melaksanakan penilaian akhlak mulia,kepribadian,estetika dan kesegaran
jasmani
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Guru
melaksanakan tes, pengamatan, penugasan dan remedial
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Guru
mengisi buku nilai secara lengkap
|
|
|
|
|
|
|
C.
|
PELAPORAN NILAI
|
|
|
|
|
|
|
1.
|
Guru
melaporkan hasil penilaian kepada ketua program/wakil kurikulum
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Guru
melaporkan penilaian kepribadian & akhlak kpd guru PPKN &Agama
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Sekolah
memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan pemelaj aran
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Sekolah
melaporkan hasil penilaian kepada orang tua secara berkala
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Sekolah
melaporkan hasil penilaian ke Dinas Pendidikan/Bidang SMK
|
|
|
|
|
|
|
D
|
ANALISIS DAN TINDAK LANJUT
|
|
|
|
|
|
|
1.
|
Guru
memiliki format analisis hasil belajar
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Guru
membuat analisis ketuntasan belajar dan analisis soal ulangan
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Guru
membuat program dan jadual remedial
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Guru
melaksanakan remedial
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Guru
membuat laporan hasil remedial
|
|
|
|
|
|
|
E.
|
KENDALI MUTU
|
|
|
|
|
|
|
1.
|
Ada
tim quality assurance dan tim quality control
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Tim
melakukan verifikasi proses belajar dan penilaian
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Peserta
didik menyimpan bukti hasil belajar
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Sekolah
mengisi laporan hasil belajar/raport
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Sekolah
memiliki sistem data base penilaian
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
Mengetahui
………………………………..
Kepala
Sekolah Pengawas Sekolah
___________________
_______________________
|
PEMERINTAH KOTA CIREBON
DINAS PENDIDIKAN
Kompleks
Perkantoran
Jalan Brigjen Dharsono No. 7 ( (0231) 486579 Fax (0231) 486296 CIREBON 45132
|
SUPERVISI
BIMBINGAN DAN KONSELING
1 Nama Sekolah
2 Alamat
3 Hari/tanggal
Konselor
yang disupervisi : ……………………………………………………………………………………..
No
|
Kegiatan/
Komponen
|
S
kor
3
|
Ket.
|
|||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
0
|
||||||||
A.
|
PROGRAM
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
1
|
Program
tahunan, semester, bulanan, Agenda Kerja Konselor dan jadwal kegiatan konselor
|
|
|
|
|
|
|
||||
B.
|
KEGIATAN
PELAYANAN
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
1
|
Daftar Konseling
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
2
|
Data Kebutuhan dan Permasalahan
Konseling
|
|
|
|
|
|
|
||||
C.
|
AKTIFITAS PELAYANAN BIMBINGAN &
KONSELING
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
1
|
PEMAHAMAN
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
a.
|
Sosiometri
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
b.
|
Kunjungan Rumah
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
c.
|
Catatan Anekdot
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
d.
|
Konferensi Kasus
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
2
|
PELAYANAN LANGSUNG
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
a.
|
Konseling Individual
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
b.
|
Konseling Kelompok
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
c.
|
Konsultasi
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
d.
|
Bimbingan Kelompok
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
e.
|
Bimbingan Klasikal
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
f.
|
Referal
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
3
|
PELAYANAN TIDAK LANGSUNG
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
a.
|
Papan Bimbingan
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
b.
|
Kotak Masalah
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
c.
|
Bibliokonseling
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
d.
|
Audiovisual
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
e.
|
Audio
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
f.
|
Media Cetak (liflet, buku
saku)
|
|
|
|
|
|
|
|||
D.
|
PELAPORAN
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
1
|
Laporan Bulanan
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
2
|
Laporan Semesteran / Tahunan
|
|
|
|
|
|
|
||||
E.
|
EVALUASI
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
1
|
Laporan Hasil Evaluasi Program, Proses dan produk
BK serta tindak lanjutnya
|
|
|
|
|
|
|
||||
JUMLAH SKOR :
|
|
|
|
|
|
|
||||||
Kesimpulan :
……………………………………………………………………………………………………………………………………
Mengetahui
………………………………..
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran Pengawas
Sekolah
___________________
________________________
__________
|
PEMERINTAH KOTA CIREBON
DINAS PENDIDIKAN
Kompleks
Perkantoran
Jalan Brigjen Dharsono No. 7 ( (0231)
486579 Fax (0231) 486296 CIREBON 45132
|
INSTRUMEN
PENILAIAN KINERJA GURU
(Mengacu Tugas Pokok Guru
)
No
|
PROGRAM
|
|
KOMPONEN YANG DINILAI
|
SKOR
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
Perencanaan
Pembelajaran
|
1.
|
Menggunakan Kalender
Pendidikan
|
|
|
|
|
2.
|
Menyusun Program Tahunan
|
|
|
|
|
||
3.
|
Menyusun Program Semester
|
|
|
|
|
||
4.
|
Memperbaiki Silabus
sesuai karakterisitik siswa
|
|
|
|
|
||
5.
|
Mengembangkan RPP
sesuai karakterisitik siswa
|
|
|
|
|
||
6.
|
Menetapkan KKM
|
|
|
|
|
||
7.
|
Menggunakan Agenda Harian
Guru
|
|
|
|
|
||
8.
|
Memiliki Jadwal
Tatap Muka
|
|
|
|
|
||
9.
|
Mengelola buku Absensi
Siswa
|
|
|
|
|
||
10.
|
Mengelola buku Nilai
|
|
|
|
|
||
2.
|
Pelaksanaan
Pembelajaran
|
11.
|
Mengkondisikan kelas (kegiatan pendahuluan)
|
|
|
|
|
12.
|
Memfasilitasi siswa mengeksplorasi
informasi (kegiatan inti)
|
|
|
|
|
||
13.
|
Mengembangkan
pengalaman mengelaborasi informasi (kegiatan
inti)
|
|
|
|
|
||
14.
|
Mengembangkan
pengalaman belajar mengkonfirmasi informasi (kegiatan
inti)
|
|
|
|
|
||
15.
|
Melaksanakan
penilaian proses (kegiatan inti)
|
|
|
|
|
||
16.
|
Menilai pengetahuan,
karakter, dan keterampilan siswa (kegiatan inti)
|
|
|
|
|
||
17.
|
Melaksanakan kegiatan
refleksi (penutupan)
|
|
|
|
|
||
3.
|
Penilaian Hasil
Pembelajaran
|
18.
|
Menggunakan Daftar
Nilai sesuai dengan standar penilaian
|
|
|
|
|
19.
|
Melaksanakan tes
dalam bentu Ulangan Harian,UTS,UAS/UKK
|
|
|
|
|
||
20.
|
Melakukan penilaian
Ahlak Mulia dan
Kepribadian
|
|
|
|
|
||
21.
|
Melaksanakan
penilaian keterampilan siswa
|
|
|
|
|
||
22.
|
Menilai kreativitas
dan inovasi siswa
|
|
|
|
|
||
23.
|
Melakukan Analisis
Ulangan Harian
|
|
|
|
|
||
24.
|
Remedial dan
Pengayaan
|
|
|
|
|
||
25.
|
Instrumen tes setiap
KD
|
|
|
|
|
||
26.
|
Menyusun Bank Soal
|
|
|
|
|
||
27.
|
Menggunakan Kartu
soal
|
|
|
|
|
||
28.
|
Melaksanakan
Analisis Penilaian
|
|
|
|
|
||
4
|
Melatih dan membimbing siswa
|
29.
|
Melatih dan
membimbing siswa dalam
remedial dan
pengayaan
|
|
|
|
|
30.
|
Membimbing siswa meraih
target pretasi dalam Kegiatan Ekstra Kurikuler
|
|
|
|
|
||
31.
|
Memberikan bimbingan
dalam kegiatan Karya Ilmiah Siswa
|
|
|
|
|
||
5
|
Tugas tambahan
|
32.
|
Menjadi Wakil Kepala
Sekolah
|
|
|
|
|
|
|
33.
|
Menjadi Wali Kelas
|
|
|
|
|
|
|
34.
|
Menjadi pembina ekstrakurikuler
|
|
|
|
|
|
|
35.
|
Melaksanakan tugas piket
|
|
|
|
|
|
|
36.
|
Menjadi Pembina Osis
|
|
|
|
|
6
|
Mengembangkan
kegiatan profesi
|
37.
|
Melakukan penelitian
tindakan kelas
|
|
|
|
|
38.
|
Mengikuti
pendidikan/seminar dsb.
|
|
|
|
|
||
39.
|
Menggunakan
teknologi informasi dan komunikasi
|
|
|
|
|
||
|
|
40.
|
Meningkatkan
penguasaan bahasa asing
|
|
|
|
|
Skor yang diperolah
|
|
||||||
Persentase Kinerja
|
|
*) sesuai jenis dan
jenjang pendidikan
Nilai
proses pemenuhan komponen standar :
|
||||
Ketercapaian:
|
86 % - 100
%
|
=
|
Baik Sekali
|
|
70% - 85 %
|
=
|
Baik
|
|
55% - 69 %
|
=
|
Cukup
|
|
Di
bawah 55%
|
=
|
Kurang
|
Catatan
Tindak Lanjut :
|
Mengetahui :
Kepala Sekolah
.......................................
NIP/NIK
|
Yang Dinilai,
............................................
NIP/NIK
|
Pengawas Sekolah,
...............................................
NIP.
|
Keterangan:
Keterangan:
1 = Di bawah standar/ Sangat rendah
2 = Hampir memenuhi
standar/Kurang baik
3 = Memenuhi Standar/Baik
4 = Melebihi Standar/Sangat baik
|
Klasifikasi kinerja berdasarkan persentase yang
diperoleh:
86 -100
|
=
|
Amat Baik
|
70-85
|
=
|
Baik
|
55-69
|
=
|
Cukup
|
<55
|
=
|
Kurang
|
Sangat bermanfaat sekali. Silahkan juga kunjungi
BalasHapus1. Instrumen dan Prinsip Pengawasan
2. Pengertian dan Fungsi Manajemen Pengawasan
3. Tujuan dan Fungsi Pengawasan
4. Ciri-Ciri dan Syarat Pengawasan
5. Jenis dan Teknik Pengawasan
6. Kumpulan materi pelajaran SD, SMP, SMA, tugas sekolah lengkap dengan jawaban dan materi perkuliahan (www.materibelajar.id)