Contoh :
PENINGKATAN HASIL
BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN
INQUIRY DI KELAS IV SDN NEGLA 2 KECAMATAN LEMAHABANG
KABUPATEN CIREBON
PROPOSAL SKRIPSI
Diajukan sebagai salah satu syarat menyelesaikan studi
strata satu ( S-1) pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Cirebon
Oleh :
Nama :
.............................................
NPM
:
............................................
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH CIREBON
2012
SISTEMATIKA PROPOSAL SKRIPSI S-1 PGSD
(KUANTITATIF :
Eksperimen)
HALAMAN JUDUL
LEMBAR PENGESAHAN
LEMBAR PENYATAAN KEASLIAN
ABSTRAK (tidak lebih dari satu halaman)
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL (Jika Diperlukan)
DAFTAR GAMBAR (Jika Diperlukan)
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Masalah
B. Identifikasi
Masalah
C. Pembatasan Masalah
D. Rumusan Masalah
E. Tujuan Penelitian
D. Manfaat Penelitian
( Pada bab ini tidak harus mencantumkan metode
penelitian karena akan dijabarkan pada bab 3 dan tidak harus mencantumkan
sistematika penulisan skripsi karena sudah terwakili daftar isi)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA, KERANGKA BERPIKIR DAN HIPOTESIS
A. Tinjauan Pustaka
(Cantumkan berbagai sumber kepustakaan baik
dari sumber primer [biasanya dari jurnal] maupun dari sumber sekunder [buku
atau sumber lain])
B. Kerangka Berpikir
(Uraikan secara jelas keterkaitan antara
variabel yang diteliti sehingga tergambar benang merah/hubungan antara variabel
yang diteliti)
C. Hipotesis
(Cantumkan hipotesis penelitian beserta
hipotesis statistik disertai dengan kriteria pengujiannya)
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
A. Tempat dan Waktu Penelitian
B. Rancangan dan Metode Penelitian
( Uraikan metode apa yang digunakan misal
eksperimen, uraikan jenis desain yang dipilih misalnya : kuasi eksperimen serta
uraikan alasan pemilihan metode tersebut )
C. Variabel dan Definisi Operasional Variabel
(Uraikan setiap
variabel [bukan seluruh kata pada judul] yang diteliti secara
operasional/teknis secara jelas sampai tergambar indikator tiap variabel yang
diteliti )
D. Populasi dan Sampel Penelitian
( Uraikan populasi penelitian, teknik sampling dan sampel
penelitiannya )
E. Pengukuran dan Pengamatan Variabel
Penelitian
(Uraikan secara jelas jenis instrumen yang
digunakan, proses pengembangan dan uji coba instrumen, serta hasil uji coba
instrumen)
F. Teknik Pengumpulan Data
(Uraikan seluruh teknik pengumpulan data yang
digunakan beserta peruntukannya dan alasan memilih teknik tersebut)
G. Teknik
Pengolahan dan Analisis Data
(Uraikan seluruh teknik analisis data yang
digunakan beserta rumus statistiknya dan disertai kriteria kebermaknaannya)
BAB IV HASIL PENELITIAN
DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian
1. Hasil Kegiatan
Pembelajaran
(Disarankan untuk menguraikan hasil penelitian
bukan hanya data hasil eksperimen yang diolah secara statistik deskriptif
melainkan pula gambaran proses pelaksanaan eksperimen dan fokus ke rumusan
masalah)
2. Analisis Data
Penelitian
1. Pengujian Prasyarat
Analisis
2. Pengujian Hipotesis
3. Analisis Data
Kualitatif (jika ada)
(Proses perhitungan sebaiknya tidak
dicantumkan pada bagian ini melainkan cukup dilampirkan sebagai lampiran skripsi)
B. Pembahasan Hasil
Penelitian
(Bahas hasil penelitian berdasarkan progres
keberhasilan tiap eksperimen, kedudukan hasil penelitian dengan teori dan hasil
penelitian sebelumnya, serta kelemahan penelitian atau rekomendasi terhadap
penelitian selanjutnya), dan fokus ke rumusan masalah.
BAB V SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
RIWAYAT PENULIS
SISTEMATIKA PROPOSAL SKRIPSI PGSD
(PENELITIAN KUALITATIF: Studi Kasus)
HALAMAN JUDUL
LEMBAR PENGESAHAN
LEMBAR PENYATAAN KEASLIAN
ABSTRAK (tidak lebih dari satu halaman)
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL (Jika Diperlukan)
DAFTAR GAMBAR (Jika Diperlukan)
DAFTAR LAMBANG DAN ISTILAH (Jika Diperlukan)
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Fokus Masalah
C. Rumusan Masalah
D. Tujuan Penelitian
E. Manfaat Penelitian
( Pada bab ini tidak harus mencantumkan metode
penelitian karena akan dijabarkan pada bab 3 dan tidak harus mencantumkan
sistematika penulisan skripsi karena sudah terwakili daftar isi)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
A. Tempat dan Waktu Penelitian
B. Desain dan Metode Penelitian
C. Instrumen Penelitian
D. Sumber Data
E. Prosedur Pengumpulan Data dan Perekaman Data
F. Analisis Data dan Triangulasi
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian
1. Gambaran Pelaksanaan Penelitian
2. Analisis Data Penelitian
3. Peningkatan Keabsahan Hasil Penelitian
B. Pembahasan (fokus ke pertanyaan penelitian)
(Mencakup pemaknaan
hasil penelitian dan temuan penelitian)
BAB V SIMPULAN DAN SARAN
A.
Simpulan
B.
Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
RIWAYAT PENULIS
SISTEMATIKA PROPOSAL SKRIPSI
PGSD
( PENELITIAN TINDAKAN KELAS )
HALAMAN JUDUL
LEMBAR PENGESAHAN
LEMBAR PENYATAAN KEASLIAN
ABSTRAK (tidak lebih dari satu halaman)
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL (Jika Diperlukan)
DAFTAR GAMBAR (Jika Diperlukan)
DAFTAR LAMBANG DAN ISTILAH (Jika Diperlukan)
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Masalah
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
D. Manfaat Penelitian
(Pada bab ini tidak harus mencantumkan metode penelitian, karena akan dijabarkan pada bab 3 dan tidak
harus mencantumkan sistematika penulisan skripsi karena sudah terwakili daftar
isi)
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Tinjauan Pustaka
(Cantumkan berbagai sumber kepustakaan yang
berasal dari sumber sekunder [buku atau sumber lain])
B. Penelitian Yang
Relevan
(Cantumkan berbagai sumber kepustakaan primer
[biasanya dari jurnal atau hasil penelitian sebelumnya] yang relevan dengan
penelitian yang dilaksanakan. Uraian pada bagian ini bukan berasal dari hasil
penelitian terdahulu yang sama melainkan yang memiliki relevansi dengan
penelitian kita sebagai bukti bahwa penelitian kita bukan plagiat penelitian
sebelumnya.)
C. Hipotesis Tindakan
BAB III METODE PENELITIAN
A. Subyek Penelitian
(Uraikan subjek penelitian beserta alasannya
pemilihannya)
B. Desain dan Metode
Penelitian
(Uraikan metode apa yang digunakan [PTK]
beserta alasan pemilihannya, uraikan jenis desain yang dipilih [misal Kemmis
dan Targart] disertai uraian singkat tentang jumlah siklus, jumlah tindakan per
siklus dan gambaran pelaksanaan pada tiap-tiap tahapan siklus)
C. Definisi
Operasional
(Uraikan setiap fokus/variabel penelitian
[bukan seluruh kata pada judul] yang diteliti secara operasional/teknis secara
jelas sampai tergambar indikator tiap variabel yang diteliti.)
D. Instrumen
Penelitian
(Uraikan secara jelas jenis instrumen yang
digunakan dan peruntukan instrumen tersebut beserta alasan penggunaan instrumen
tersebut. Pada bagian ini bukan mencantumkan instrumen jadi melainkan hanya
menguraikan indikator, subindikator, dan pedoman penilaiannya [misalnya skoring
rubrik]. Instrumen jadi cukup dilampirkan pada bagian lampiran skripsi)
E. Teknik Pengumpulan
dan Analisis Data
(Uraikan seluruh teknik pengumpulan data yang
digunakan beserta peruntukannya dan alasan memilih teknik tersebut)
(Uraikan seluruh teknik analisis data yang
digunakan beserta tahapan analisisnya dan uraikan pula teknik
triangulasi/teknik lain yang digunakan untuk meningkatkan keabsahan hasil
penelitian)
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian*)
1. Siklus Pertama
a. Perencanaan Pembelajaran
b. Kegiatan Pembelajaran
c. Refleksi
2. Siklus Kedua
a. Perencanaan Pembelajaran
b. Kegiatan Pembelajaran
c. Refleksi
3. Siklus Ketiga
a. Perencanaan Pembelajaran
b. Kegiatan Pembelajaran
c. Refleksi
(Pada bagian ini sebaiknya hasil penelitian
tiap siklus diuraikan secara terpadu dan jelas mencakup gambaran proses
pelaksanaan penelitian, gambaran hasil penelitian, dan gambaran refleksi hasil
penelitian pada tiap siklusnya).
B. Pembahasan
(Pembahasan sebaiknya diuraikan secara jelas
dan komprehensif dengan menekankan diri pada keberhasilan dari siklus ke siklus
[termasuk di dalamnya kajian per indikator], keberhasilan berdasarkan hasil
triangulasi hasil penelitian, dan kedudukan penelitian berdasarkan teori
ataupun hasil penelitian sebelumnya.), dan fokus ke rumusan masalah
BAB V SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
RIWAYAT PENULIS
*) Keterangan PTK
wajib dilaksanakan dalam tiga siklus dengan 3 tindakan pada masing-masing
siklus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar