|
PEMERINTAH KOTA CIREBON
DINAS PENDIDIKAN
Kompleks
Perkantoran
Jalan Brigjen Dharsono No. 7 ( (0231)
486579 Fax (0231) 486296 CIREBON 45132
|
LEMBAR MONITORING
PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL ( UN )
TAHUN PELAJARAN 20........ /20........
Nama
Sekolah
|
|
.......................................................................Tlp.......................
|
Alamat
|
|
...................................................................................................
|
Status
|
|
Negeri/Swasta*
|
Nama
Kepala Sekolah
|
|
......................................................................
Tlp.......................
|
No
|
Indikator Pemenuhan Standar
|
Pemenuhan POS
|
Skor Pemenuhan POS
|
|||
Tdk
|
Ya
|
Kurang
|
Baik
|
Baik Sekali
|
||
1
|
2
|
3
|
||||
Program
|
||||||
1.
|
Memenuhi
program kerja UN
|
|
|
|
|
|
2.
|
Menetapkan
tujuan
|
|
|
|
|
|
3.
|
Menetapkan
Target Pencapaian Hasil
|
|
|
|
|
|
4.
|
Menetapkan
jadwal kegiatan
|
|
|
|
|
|
5.
|
Menetapkan
SK Panitia dan Pembagian Tugas
|
|
|
|
|
|
6.
|
Mendeskripsikan
jumlah peserta
|
|
|
|
|
|
7.
|
Jumlah
Peserta = .................................
|
|
|
|
|
|
8.
|
Menyusun
Data Perserta per ruang
|
|
|
|
|
|
9.
|
Menggunakan
kartu peserta
|
|
|
|
|
|
10.
|
Menggunakan
daftar kehadiran siswa
|
|
|
|
|
|
11.
|
Memiliki
tata tertib siswa
|
|
|
|
|
|
12.
|
Memiliki
Daftar Pengawas
|
|
|
|
|
|
13.
|
Memiliki
tata tertib pengawas
|
|
|
|
|
|
14.
|
Menyimpan
soal dengan aman
|
|
|
|
|
|
Pelaksanaan
Ujian Nasional
|
||||||
15.
|
Melaksanakan
tepat waktu
|
|
|
|
|
|
16.
|
Pelaksaan
tertib
|
|
|
|
|
|
17.
|
Mendistibusikan
soal dengan aman dan tertib
|
|
|
|
|
|
18.
|
Menempatkan
Pengawas tiap ruangan dua orang
|
|
|
|
|
|
19.
|
Kehadiran
siwa tercatat lengkap
(
Tgl. ..........Tidak hadir .........siswa karena............)
|
|
|
|
|
|
20.
|
Menggunakan
perangkat administrasi kontrol pengembalian lembar jawab
|
|
|
|
|
|
21.
|
Menggunakan
Berita Acara dibuat lengkap
|
|
|
|
|
|
22.
|
Memiliki
ruang panitia
|
|
|
|
|
|
23.
|
Pelaksanaan
kegiatan tertib dan aman
|
|
|
|
|
|
24.
|
Menentukan
prosedur mengelola lembar jawab
|
|
|
|
|
|
25.
|
Memiliki
agenda pelaksanaan harian.
|
|
|
|
|
|
26.
|
Merespon
permasalahan
yang mucul dengan cepat dan tepat
|
|
|
|
|
|
Total Skor
|
|
|
|
|
|
Indikator
Output
|
|
Taget
|
Realisasi
|
Target
Rata-rata Nilai UN
|
:
|
|
|
Nilai
Tertinggi
|
:
|
|
|
Nilai
Teredah
|
:
|
|
|
Skor
kinerja :
|
Ketercapaian:
|
86 % - 100 %
|
=
|
Baik
Sekali
|
|
70% - 85 %
|
=
|
Baik
|
|
55% - 69 %
|
=
|
Cukup
|
|
Di bawah 55%
|
=
|
Kurang
|
Kesimpulan hasil penilaian:
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Catatan tindak lanjut
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Mengetahui Kepala Sekolah
______________________________
NIP.
|
|
Cirebon, ...........................................
Penilai,
Pengawas Sekolah
__________________________
NIP.
|
|
PEMERINTAH KOTA CIREBON
DINAS PENDIDIKAN
Kompleks Perkantoran
Jalan Brigjen Dharsono No. 7 ( (0231) 486579 Fax (0231) 486296 CIREBON 45132
|
SUPERVISI GURU DALAM
MELAKSANAKAN BIMBINGAN DAN TUGAS TAMBAHAN
Nama Sekolah :
…………………………………………………………………………………………
Nama
Guru :
…………………………………………………………………………………………
Pangkat/Gol.
Ruang :
…………………………………………………………………………………………
Mata Pelajaran :
…………………………………………………...Jumlah Tatap Muka
:……….
Sertifikasi :
…………………………………………………………………………………………
No
|
Komponen Penilaian Pembelajaran
|
Kondisi
|
Keterangan
|
|
ya
|
tidak
|
|||
1
|
Ada program perencanaan BK, pengayaan, remedial,
dll.
|
|
|
|
2
|
Ada bukti melaksanakan bimbingan
|
|
|
|
3
|
Ada evaluasi hasil bimbingan
|
|
|
|
4
|
Ada analisis
hasil bimbingan
|
|
|
|
5
|
Ada program tindak lanjut
|
|
|
|
|
Melaksanakan
Tugas Tambahan
|
|
|
|
6
|
Menjadi Kepala Sekolah
|
|
|
|
7
|
Menjadi Wakil Kepala Sekolah
|
|
|
|
8
|
Menjadi
ketua program studi atau kepala perpustakaan, kepala lab, kepala
bengkel, atau program khusus
|
|
|
|
9
|
Menjadi Pembina pramuka, atau pembimbing KIR,atau piket
|
|
|
|
10
|
Menjadi wali kelas
|
|
|
|
11
|
Menyusun kurikulum pada satuan pendidikan
|
|
|
|
12
|
Menjadi pengawas penilaian dan evaluasi
terhadap proses dan hasil belajar
|
|
|
|
13
|
Membimbing
guru pemula / Program Induksi
guru pemula
|
|
|
|
14
|
Membimbing siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler
|
|
|
|
15
|
Menjadi pembimbing pada penyusunan publikasi ilmiah dan karya
inovatif ( Koordinator PKB)
|
|
|
|
JUMLAH
SKOR
|
|
|
|
TINDAK
LANJUT : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
Cirebon,
………………………………….
Pengawas Sekolah, Guru Kelas/ Mata Pelajaran,
___________________ ____________________________
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah,
__________________________
|
PEMERINTAH KOTA CIREBON
DINAS PENDIDIKAN
Kompleks Perkantoran
Jalan Brigjen Dharsono No. 7 ( (0231) 486579 Fax (0231) 486296 CIREBON 45132
|
SUPERVISI PEMBINAAN KEPALA SEKOLAH
Nama Sekolah :
…………………………………………………………………………………………………….
Nama Kepsek :
…………………………………………………………………………………………………….
Pangkat/Gol.
Ruang :
…………………………………………………………………………………………………….
Mata Pelajaran :
…………………………………………………...Jumlah Tatap Muka
:…………………..
Sertifikasi :
…………………………………………………………………………………………………….
No
|
Komponen Penilaian Pembelajaran
|
Kondisi
|
Keterangan
|
|
ya
|
tidak
|
|||
I
|
Program Perencanaan Sekolah
|
|
|
|
|
1.
Ada
visi dan misi sekolah
|
|
|
|
|
2.
Ada
tujuan sekolah
|
|
|
|
|
3.
Ada RKAS ( Program Kerja 1 Tahun )
|
|
|
|
|
4.
Ada
RKS ( Program Kerja 4 tahun) yang mencakup 8 SNP
|
|
|
|
|
5.
Program
Standar Isi
|
|
|
|
|
6.
Program
Standar Proses
|
|
|
|
|
7.
Program
Standar Kompetensi Lulusan
|
|
|
|
|
8.
Program
Standar Pendidik dan Tenaga
Kependidikan
|
|
|
|
|
9.
Program Standar Sarana prasarana
|
|
|
|
|
10.
Program
Standar Pengelolaan
|
|
|
|
|
11.
Program
Standar Pembiayaan
|
|
|
|
|
12.
Program
Standar Penilaian
|
|
|
|
II
|
Pelaksanaan Rencana Kerja
|
|
|
|
|
13.
Ada
pedoman sekolah, yang berisi :
|
|
|
|
|
14.
KTSP
|
|
|
|
|
15.
Kalender
Pendidikan
|
|
|
|
|
16.
Struktur
organisasi sekolah/
|
|
|
|
|
17.
Pembagian
tugas di antara tenaga kependidikan
|
|
|
|
|
18.
Peraturan
akademik
|
|
|
|
|
19.
Tata
tertib sekolah
|
|
|
|
|
20.
Kode
etik sekolah
|
|
|
|
|
21.
Biaya
operasional sekolah
|
|
|
|
|
22.
Penggunaan
lab, perpustakaan dan fasilitas lainnya
|
|
|
|
|
23.
Ada pelaksanaan kegiatan sekolah sesuai dengan
RKAS
|
|
|
|
|
24.
Ada
pelaksanaan kegiatan kesiswaan mencakup : seleksi PPDB, memberikan layanan kegiatan
ekstrakurikuler, melakukan embinaan prestasi unggulan dan pelacakan terhadap
alumni
|
|
|
|
|
25.
Pelaksanaan bidang Kurikulum ada PTK
|
|
|
|
|
26.
Ada
penyusunan KTSP yan melalui 7 tahap beserta doumen KTSP
|
|
|
|
|
27.
Ada
kalender akademik sekolah
|
|
|
|
|
28.
Ada program pengelolaan pembelajaran yang
didasarkan pada standar isi, standar proses dan standar penilaian
|
|
|
|
|
29.
Ada
penilaian hasil belajar peserta didik
|
|
|
|
|
30.
Ada
pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan meliputi : pembagian tugas, system penghargaan,
promosi dan penempatan, pengembanganserta mutasi.
|
|
|
|
|
31.
Pengelolaan
sarana dan prasarana mencakup
program perencanaan, evaluasi program, fasilitas pembelajaran, skala
prioritas, program pemeliharaan
|
|
|
|
|
32.
Ada
RKAS yang berdasarkan 8
SNP
|
|
|
|
|
33.
Memlihara
budaya dan lingkungan sekolah serta pendidikan karakter bangsa.
|
|
|
|
|
34.
Ada
peranserta masyarakat dan Komite Sekolah
|
|
|
|
III
|
35.
Ada program
pemgawasan dan evaluasi
|
|
|
|
|
36.
Program
pengawasan berisi program supervise ( guru dan tendik), program pemantauan,
evaluasi, pelaporan dan tindak lanjut.
|
|
|
|
|
37.
Ada
evaluasi diri Kinerja Sekolah dalam melaksanakan 8 SNP melalui analisis SWOT dalam
pengembangan KTSP
|
|
|
|
|
38.
Ada
ealuasi pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan mencakup kesesuaian
penugasan, kesimbangan beban kerja, kinerja pendidik/ tenaga kependidikan
dalam melaksanakan tugas, pencapaian prestasi pendidik/tendik.
|
|
|
|
|
39.
Akreditasi
sekolah
|
|
|
|
IV
|
40.
Kepemimpinan
sekolah yang dapat meningkatkan SDM kependidikan yang professional,
manajemen yang efektif dan
professional, lingkungan pendidikan yang kondusif, dan mampu membangun
kepercayaan kepada masyarakat
|
|
|
|
V
|
Sistem Informasi Manajemen :
41.
Mengelola
system informasi manajemen yang memadai untuk mendukung administrasi
pendidikan yang efktif, efisien dan akuntabel.
42.
Menyediakan
fasilitas informasi yang efisienn, efektif dan mudah diakses.
43.
Mengembangkan
komunikasi antar warga sekolah di lingkungannya secara efisien dan efektif
dengan menggunakan media dan teknik komunikasi antara lain : siaran radio, TV
local, Stiker, dan kalender, poster, perlombaan, leaflet, dialog langsung,
home visit, partisipasi dalam kegiatan masyarakat dan penggunaan website atau
blog.
|
|
|
|
JUMLAH
SKOR
SKOR MAX
= 100
|
|
|
|
NILAI AKHIR : ……………………………
NILAI : Jumlah Skor
X 100%
Skor Maksimum
Keterangan
:
Skor 86
- 100% Baik Sekali
71 -
85% Baik
55 -
70% Cukup
> 55% Kurang
TINDAK
LANJUT :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………………
Cirebon, ………………………………….
Pengawas Sekolah Pembina, Kepala Sekolah,
________________________ ____________________________
|
PEMERINTAH KOTA CIREBON
DINAS PENDIDIKAN
Kompleks
Perkantoran
Jalan Brigjen Dharsono No. 7 ( (0231) 486579 Fax (0231) 486296 CIREBON 45132
|
INSTRUMEN
VALIDASI/VERIFIKASI DOKUMEN KTSP
INSTRUMEN VALIDASI/VERIFIKASI DOKUMEN KTSP
KABU PATEN/KOTA/ : …………………………………………
PROVINSI: ……………………………………………………………..
PROVINSI: ....................................................................................................... ………………………….
|
PETUNJUK PENGISIAN
1. Perhatikan dokumen KTSP yang akan
divalidasi/diverifikasi.
2. Tuliskan
identitas sekolah, alamat, nama kepala sekolah, nama dan jabatan petugas validasi/Verifikasi.
3. Bubuhkan tanda cek (v) pada kolom "Ada" atau
"Tidak" sesuai keberadaan butir-butir
pernyataan.
4. Catatan petugas validasi/verifikasi diisi dengan
temuan, komentar dan saran berdasarkan
hasil validasi/verifikasi. Ditulis dengan singkat namun jelas.
|
|
ALAMAT
NAMA KEPALA SEKOLAH
TANGGAL VALIDASI/VERIFIKASI
PETUGAS VALIDASI/VERIFIKASI
PETUGAS VALIDASI/VERIFIKASI
JABATAN PETUGAS VALIDASI/VERIFIKASI
INSTRUMEN VALIDASI/VERIFIKASI DOKUMEN KTSP
Nama Sekolah
Nama
Kepala Sekolah
Alamat Sekolah
Kabupaten/Kota
DOKUMEN I
No
|
Komponen
KTSP/Indikator
|
Penilaian
|
Catatan
|
||
Ya
|
Tdk
|
||||
|
COVER/HALAMAN JUDUL
|
|
|
|
|
|
1. Logo sekolah dan atau daerah
|
|
|
|
|
|
2. Judul: Kurikulum SD/SMP/SMA*)
|
|
|
|
|
|
3. Tahun pelajaran
|
|
|
|
|
|
4. Alamat sekolah
|
|
|
|
|
|
LEMBAR PENGESAHAN
|
|
|
|
|
|
1.
Rumusan kalimat pengesahan
|
|
|
|
|
|
2.
Tanda tangan kepala sekolah dan stempel/cap
sekolah
|
|
|
|
|
|
3. Tanda tangan ketua komite sekolah dan
stempel/cap Komite Sekolah
|
|
|
|
|
|
4. Tempat untuk tanda tangan kepala/ pejabat
dinas pendidikan provinsi
|
|
|
|
|
|
DAFTAR ISI
|
|
|
|
|
|
Kesesuaian
dengan halaman
|
|
|
|
|
I
|
PENDAHULUAN
|
|
|
|
|
A
|
Rasional
|
|
|
|
|
|
1.
Latar belakang memuat:
|
|
|
|
|
|
-
kondisi nyata
|
|
|
|
|
|
-
kondisi ideal
|
|
|
|
|
|
-
Potensi dan karakteristik satuan pendidikan
|
|
|
|
|
|
2.
Mencantumkan dasar hukum
yang relevan
|
|
|
|
|
|
-
Undang-undang No 20 thn 2003
|
|
|
|
|
|
-
PP No 19 thn 2005
|
|
|
|
|
|
-
Permendiknas No 22, 23, dan 24 thn 2006
|
|
|
|
|
|
-
Permendiknas No 6 thn 2007
|
|
|
|
|
|
-
Peraturan Daerah yang relevan
|
|
|
|
|
B
|
Visi
Satuan Pendidikan
|
|
|
|
|
|
1. Ringkas dan mudah dipahami
|
|
|
|
|
|
Mengacu
pada tujuan pendidikan menengah yaitu
untuk
meningkatkan kecerdasan, pengetahuan,
2.
kepribadian,
akhlak mulia, serta keterampilan untuk
hidup
mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
|
|
|
|
|
|
Mengacu
tuntutan SKL Satuan Pendidikan,
3.
sebagaimana tercantum pada
Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006
|
|
|
|
|
|
Berorientasi
pada potensi, perkembangan, kebutuhan
4.
dan
kepentingan peserta didik .
|
|
|
|
|
|
Berorientasi
pada kepentingan daerah, nasional dan
5.
internasional.
|
|
|
|
|
|
Berorientasi
pada perkembangan ilmu pengetahuan,
6.
teknologi
dan seni.
|
|
|
|
|
|
Memberi
inspirasi dan tantangan dalam meningkatkan
7.
prestasi secara
berkelanjutan untuk mencapai keunggulan
|
|
|
|
|
|
Mendorong
semangat dan komitmen seluruh warga
8.
satuan pendidikan untuk
meningkatkan kualitas proses dan hasil pendidikan
|
|
|
|
|
|
Mengarahkan
langkah-langkah strategis yang
9.
konsisten
dengan penjabaran misi satuan pendidikan.
|
|
|
|
|
C
|
Misi
Satuan Pendidikan
|
|
|
|
|
|
Menjabarkan
pencapaian visi dalam bentuk pernyataan yang terukur dan dapat dicapai sesuai dengan skala prioritas,
mencakup:
|
|
|
|
|
|
1.
Seluruh indikator visi
|
|
|
|
|
|
2.
Sebagian dari indikator
visi
|
|
|
|
|
D
|
Tujuan
Satuan Pendidikan
|
|
|
|
|
|
Menjabarkan
pencapaian misi dalam bentuk pernyataan yang terukur dan dapat dicapai sesuai dengan skala
prioritas, mencakup:
|
|
|
|
|
|
1. Seluruh indikator misi
|
|
|
|
|
|
2 Sebagian dari indikator misi
|
|
|
|
|
II
|
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
|
|
|
|
|
|
Struktur
Kurikulum Satuan Pendidikan, memuat:
|
|
|
|
|
|
Daftar
mata pelajaran dan muatan lokal sesuai
1.
dengan
standar isi
|
|
|
|
|
|
Pengaturan
alokasi waktu per mata pelajaran
2 disesuaikan dengan standar isi, kebutuhan
peserta
didik dan sekolah dengan total waktu 38 - 39 Jam per minggu. |
|
|
|
|
|
Pengaturan
alokasi waktu per mata pelajaran
3 disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan
sekolah dengan memanfaatkan tambahan 4 Jam per minggu. |
|
|
|
|
|
Program
Muatan Lokal, mencantumkan:
|
|
|
|
|
|
Jenis
dan strategi pelaksanaan muatan lokal yang
1.
dilaksanakan
sesuai dengan kebijakan daerah
|
|
|
|
|
|
Jenis
dan strategi pelaksanaan muatan lokal yang
2.
dilaksanakan sesuai
dengan kebutuhan peserta didik dan
karakteristik sekolah.
|
|
|
|
|
|
Daftar
SK dan KD Muatan Lokal yang dikembangkan
4.
oleh
sekolah
|
|
|
|
|
|
5.
Uraian tentang jenis dan
strategi pelaksanaan program muatan lokal
|
|
|
|
|
|
Kegiatan
Pengembangan Diri, mencantumkan:
|
|
|
|
|
|
1.
Uraian tentang jenis dan
strategi pelaksanaan program layanan konseling dan
atau layanan akademik/belajar, sosial
dan pengembangan karier peserta didik
|
|
|
|
|
|
2.
Uraian tentang jenis dan
strategi pelaksanaan program pengembangan bakat, minat
dan prestasi peserta didik.
|
|
|
|
|
|
Pengaturan
Beban Belajar, mencantumkan:
|
|
|
|
|
|
1.
Uraian tentang
rasionalisasi pemanfaatan tambahan 4 (empat) jam pelajaran per minggu
|
|
|
|
|
|
2.
Uraian tentang pengaturan
alokasi waktu
pembelajaran per
jam tatap muka, jumlah jam pelajaran per
minggu, jumlah minggu efektif per tahun pelajaran, jumlah jam pelajaran per tahun.
|
|
|
|
|
|
3.
Uraian tentang
pemanfaatan (60%:SMA, 50% SMP, 40%
SD) dari jumlah waktu kegiatan tatap muka pada mata pelajaran tertentu, untuk penugasan terstruktur (PT) dan kegiatan mandiri tidak terstruktur
(KMTT).
|
|
|
|
|
|
4.
Uraian tentang pelaksanaan
program percepatan bagi siswa yang memiliki
potensi kecerdasan dan bakat istimewa (bila ada).
|
|
|
|
|
|
Ketuntasan
Belajar, mencantumkan:
|
|
|
|
|
|
1.
Daftar kriteria
ketuntasan minimal (KKM) untuk semua mata pelajaran pada setiap tingkatan kelas.
|
|
|
|
|
|
2.
Uraian tentang mekanisme
dan prosedur penentuan KKM
|
|
|
|
|
|
3.
Uraian tentang upaya
sekolah dalam meningkatkan KKM untuk mencapai KKM
ideal (100%)
|
|
|
|
|
|
Kenaikan
Kelas mencantumkan:
|
|
|
|
|
|
1.
Kriteria kenaikan kelas
sesuai dengan kebutuhan sekolah dg.
mempertimbangkan ketentuan pada SK Dirjen
Mandikdasmen No. 12/C/Kep/TU/2008.
|
|
|
|
|
|
2.
Uraian tentang pelaksanaan
penilaian hasil belajar siswa (ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester dan ulangan kenaikan
kelas), sesuai dengan ketentuan
yang diatur dalam Standar Penilaian Pendidikan.
|
|
|
|
|
|
3.
Uraian tentang mekanisme
dan prosedur pelaporan hasil belajar peserta
didik
|
|
|
|
|
|
4.
Uraian tentang pelaksanaan
program remedial dan pengayaan
|
|
|
|
|
|
Kelulusan,
mencantumkan:
|
|
|
|
|
|
1.
Kriteria kelulusan
berdasar pada ketentuan PP 19/2005 Pasal 72 ayat 1
|
|
|
|
|
|
2.
Uraian tentang
pelaksanaan ujian nasional dan ujian sekolah
|
|
|
|
|
|
3.
Target kelulusan yang akan
dicapai oleh sekolah
|
|
|
|
|
|
4.
Uraian tentang
program-program sekolah dalam meningkatkan
kualitas lulusan.
|
|
|
|
|
|
5.
Uraian tentang program
pasca ujian nasional sebagai antisipasi bagi siswa
yang belum lulus ujian akhir.
|
|
|
|
|
|
Penjurusan,
mencantumkan
|
|
|
|
|
|
1.
Kriteria penjurusan sesuai
dengan kebutuhan sekolah dg mempertimbangkan
ketentuan yang diatur pada SK Dirjen
Mandikdasmen No. 12/C/Kep/TU/2008
|
|
|
|
|
|
2.
Uraian tentang program
penelusuran bakat, minat dan prestasi peserta didik
|
|
|
|
|
|
3.
Uraian tentang mekanisme
dan proses pelaksanaan penjurusan.
|
|
|
|
|
|
Pendidikan
Kecakapan Hidup dan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global, mencantumkan:
|
|
|
|
|
|
1. Uraian tentang penerapan pendidikan kecakapan
hidup.
|
|
|
|
|
|
2.
|
Uraian
tentang penyelenggaraan pendidikan berbasis keunggulan lokal
|
|
|
|
|
3.
|
Uraian
tentang upaya sekolah dalam menuju pendidikan
berwawasan global.
|
|
|
|
III
|
KALENDER PENDIDIKAN, Mencantumkan:
|
|
|
|
|
|
1.
|
Pengaturan
tentang permulaan tahun pelajaran.
|
|
|
|
|
2.
|
Jumlah
minggu efektif belajar satu tahun pelajaran
|
|
|
|
|
3.
|
Jadwal
waktu libur (jeda tengah semester, antar semester, libur akhir tahun pelajaran, libur
keagamaan,
hari libur nasional dan hari libur khusus)
|
|
|
|
|
|
LAMPIRAN
|
|
|
|
|
1.
|
Silabus
seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal
|
|
|
|
|
|
Silabus semua mata pelajaran kelas : ..............
|
|
|
|
|
|
·
|
|
|
|
|
|
·
dst
|
|
|
|
|
|
·
Silabus muatan lokal kelas•
|
|
|
|
|
|
·
|
|
|
|
|
|
n .............
|
|
|
|
|
2
|
Laporan
Hasil analisis Konteks
|
|
|
|
|
3
|
Contoh
hasil penentuan KKM (satu mata pelajaran)
|
|
|
|
|
PEMERINTAH KOTA CIREBON
DINAS PENDIDIKAN
Kompleks
Perkantoran
Jalan Brigjen Dharsono No. 7 ( (0231) 486579 Fax (0231) 486296 CIREBON 45132
|
INSTRUMEN
VALIDASI/VERIFIKASI DOKUMEN KTSP
INSTRUMEN VALIDASI/VERIFIKASI DOKUMEN KTSP
KABU PATEN/KOTA/ : …………………………………………
PROVINSI: ……………………………………………………………..
PROVINSI: ....................................................................................................... ………………………….
|
PETUNJUK PENGISIAN
1. Perhatikan dokumen KTSP yang akan
divalidasi/diverifikasi.
2. Tuliskan
identitas sekolah, alamat, nama kepala sekolah, nama dan jabatan petugas validasi/Verifikasi.
3. Bubuhkan tanda cek (v) pada kolom "Ada" atau
"Tidak" sesuai keberadaan butir-butir
pernyataan.
4. Catatan petugas validasi/verifikasi diisi dengan
temuan, komentar dan saran berdasarkan
hasil validasi/verifikasi. Ditulis dengan singkat namun jelas.
|
|
ALAMAT
NAMA
KEPALA SEKOLAH
TANGGAL VALIDASI/VERIFIKASI
PETUGAS VALIDASI/VERIFIKASI
PETUGAS VALIDASI/VERIFIKASI
JABATAN PETUGAS VALIDASI/VERIFIKASI
INSTRUMEN VALIDASI/VERIFIKASI DOKUMEN KTSP
Nama Sekolah
Nama Kepala Sekolah
Alamat
Sekolah
Kabupaten/Kota
DOKUMEN
II
No
|
Komponen
KTSP/Indikator
|
Penilaian
|
Catatan
|
||
Ya
|
Tdk
|
||||
I
|
Silabus
|
|
|
|
|
|
A
|
Identitas Silabus
|
|
|
|
|
|
Mencantumkan: nama
sekolah, mata pelajaran, kelas, semester,
standar Kompetensi dan alokasi waktu.
|
|
|
|
|
B
|
Komponen Silabus
|
|
|
|
|
|
Silabus mencakup
komponen: Kompetensi dasar (KD), Materi
Pembelajaran (MP), Kegiatan Pembelajaran (KP), Indikator Pencapaian Kompetensi (KP), Penilaian (P), Alokasi Waktu (AW) dan Sumber Belajar (SB).
|
|
|
|
|
C
|
Rumusan Standar Kompetensi
(SK) dan Kompetensi Dasar (KD)
|
|
|
|
|
|
Mencakup seluruh SK dan
KD untuk kelas
|
|
|
|
|
D
|
Rumusan Materi Pembelajaran
|
|
|
|
|
1
|
Dikembangkan sesuai dengan
tingkatan ranah kognitif (fakta, konsep dan
prosedur), efektif (sikap/perilaku) dan psikhomotor (keterampilan) pada setiap KD.
|
|
|
|
|
2
|
Urutan materi pembelajaran
dikembangkan sesuai IPK, dengan memperhatikan
pendekatan prosedural dan hirarkis.
|
|
|
|
|
3
|
Mengintegrasikan potensi,
keunggulan dan budaya daerah setempat
|
|
|
|
|
E
|
Rumusan Kegiatan Pembelajaran
|
|
|
|
|
1
|
Menjabarkan aktifitas
peserta didik dalam proses pembelajaran sesuai dengan
IPK
|
|
|
|
|
2
|
Dikembangkan mengacu pada
tingkatan kompetensi pada IPK (hasil pemetaan SK/KD)
|
|
|
|
|
3
|
Urutan kegiatan
pembelajaran sesuai dengan urutan tingkatan
kompetensi pada IPK
|
|
|
|
|
4
|
Mengimplementasikan
inovasi pembelajaran (metode/model) sesuai
dengan tututan KD
|
|
|
|
|
|
Mencantumkan pembelajaran
TM, PT dan KMTT sesuai dengan tuntutan KD
|
|
|
|
No
|
Komponen
KTSP/Indikator
|
Penilaian
|
Catatan
|
||
Ya
|
Tdk
|
||||
|
F
|
Rumusan Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
|
|
|
|
|
1
|
IPK sesuai dengan hasil
pemetaan SK/KD pada Standar Is'
|
|
|
|
|
2
|
Kata Kerja Operasional
(KKO) pada IPK tidak melebihi tingkatan
KKO dalam KD
|
|
|
|
|
3
|
Setiap KD dikembangkan
menjadi 3 KKO
|
|
|
|
|
4
|
KKO mencakup ranah
kompetensi afektif, kognitif dan psikhomotor,
sesuai tuntutan KD.
|
|
|
|
|
G
|
Rumusan Penilaian
|
|
|
|
|
1
|
Mencantumkan bentuk dan
jenis penilaian yang dikembangkan berdasarkan
IPK.
|
|
|
|
|
2
|
Bentuk dan jenis penilaian
mencakup ranah kompetensi afektif, kognitif dan
psikhomotor, sesuai tuntutan KD.
|
|
|
|
|
H
|
Rumusan Alokasi Waktu
|
|
|
|
|
1
|
Mencantumkan alokasi KD
untuk setiap KD sesuai dengan hasil pemetaan SK/KD pada standar isi
|
|
|
|
|
2
|
Mengacu pada jumlah
minggu efektif belajar dan alokasi yang
tercantum dalam struktur kurikulum.
|
|
|
|
|
I
|
Rumusan Sumber Belajar
|
|
|
|
|
1
|
Mencantumkan berbagai
jenis sumber belajar (buku, laporan hasil penelitian,
jurnal, majalah ilmiah, kajian pakar bidang studi, situs-situs Internet, multimedia,
lingkungan, dan narasumber.
|
|
|
|
|
2
|
Mengacu pada hasil
pemetaan SK/KD, materi pembelajaran dan
kegiatan pembelajaran
|
|
|
|
II
|
LAMPIRAN
|
|
|
|
|
|
1 Silabus
seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal
|
|
|
|
|
|
Silabus seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal
|
|
|
|
|
|
·
Silabus semua mata
pelajaran kelas: ........
|
|
|
|
|
|
·
|
|
|
|
|
|
·
dst
|
|
|
|
|
|
·
Silabus muatan lokal
kelas........
|
|
|
|
|
|
·
|
|
|
|
|
|
2 Laporan Hasil analisis Konteks
|
|
|
|
|
|
3 Contoh hasil penentuan KKM (satu mata pelajaran)
|
|
|
|
Asslmkm, terimakasih infonya, semoga berkah
BalasHapusbagus
BalasHapusizin share ya shobat.
BalasHapusgood job
BalasHapus