Kamis, 20 September 2012

INSTRUMEN SUPERVISI MANAJERIAL PENGAWAS SEKOLAH


PEMERINTAH KOTA CIREBON
DINAS PENDIDIKAN
Kompleks Perkantoran
Jalan Brigjen Dharsono No. 7 ( (0231) 486579  Fax (0231) 486296 CIREBON 45132


LEMBAR MONITORING  
PELAKSANAAN  UJIAN  NASIONAL ( UN )
TAHUN PELAJARAN  20........  /20........

Nama Sekolah

.......................................................................Tlp.......................
Alamat

...................................................................................................
Status

Negeri/Swasta*
Nama Kepala Sekolah

...................................................................... Tlp.......................

No
Indikator Pemenuhan Standar
Pemenuhan POS
Skor Pemenuhan POS
Tdk
Ya
Kurang
Baik
Baik Sekali
1
2
3
Program
1.      
Memenuhi program kerja UN





2.      
Menetapkan tujuan





3.      
Menetapkan Target Pencapaian Hasil





4.      
Menetapkan jadwal kegiatan





5.      
Menetapkan SK Panitia dan Pembagian Tugas





6.      
Mendeskripsikan jumlah peserta





7.      
Jumlah Peserta  = .................................





8.      
Menyusun Data Perserta per ruang





9.      
Menggunakan kartu peserta





10.   
Menggunakan daftar kehadiran siswa





11.   
Memiliki tata tertib siswa





12.   
Memiliki Daftar Pengawas





13.   
Memiliki tata tertib pengawas





14.   
Menyimpan soal dengan aman





Pelaksanaan Ujian Nasional
15.   
Melaksanakan tepat waktu





16.   
Pelaksaan tertib





17.   
Mendistibusikan soal dengan aman dan tertib





18.   
Menempatkan Pengawas tiap ruangan dua orang





19.   
Kehadiran siwa tercatat lengkap
( Tgl. ..........Tidak hadir .........siswa karena............)





20.   
Menggunakan perangkat administrasi kontrol pengembalian lembar jawab





21.   
Menggunakan Berita Acara dibuat lengkap





22.   
Memiliki ruang panitia





23.   
Pelaksanaan kegiatan tertib dan aman





24.   
Menentukan prosedur mengelola lembar jawab





25.   
Memiliki agenda pelaksanaan harian.





26.   
Merespon permasalahan yang mucul dengan cepat dan tepat





Total Skor







Indikator Output

Taget
Realisasi
Target Rata-rata Nilai UN
:


Nilai Tertinggi
:


Nilai Teredah
:







Skor kinerja :



            Jumlah skor
    -----------------------  X   100%  =   .........(Nilai Akhir)
                78
 
 





Rounded Rectangle: Nilai keterlaksanaan 

.......................................
 






    Ketercapaian:
86 % - 100 %
=
Baik Sekali


70% - 85 %
=
Baik

55% - 69 %
=
Cukup

Di bawah 55%
=
Kurang

Kesimpulan hasil penilaian:
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Catatan tindak lanjut         
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................



Mengetahui Kepala Sekolah





______________________________
NIP.




Cirebon, ...........................................
Penilai,
Pengawas Sekolah


__________________________
NIP.



Logo pemda
PEMERINTAH KOTA CIREBON
DINAS PENDIDIKAN
Kompleks Perkantoran
Jalan Brigjen Dharsono No. 7 ( (0231) 486579  Fax (0231) 486296 CIREBON 45132

SUPERVISI GURU DALAM MELAKSANAKAN BIMBINGAN DAN TUGAS TAMBAHAN

Nama  Sekolah                    : …………………………………………………………………………………………
Nama Guru                           : …………………………………………………………………………………………
Pangkat/Gol. Ruang           : …………………………………………………………………………………………
Mata  Pelajaran                   : …………………………………………………...Jumlah Tatap Muka      :……….
Sertifikasi                              : …………………………………………………………………………………………

No
Komponen  Penilaian Pembelajaran
Kondisi
Keterangan
ya
tidak
1
Ada program perencanaan BK, pengayaan, remedial, dll.





2
Ada bukti melaksanakan bimbingan


3
Ada evaluasi hasil bimbingan


4
Ada  analisis hasil bimbingan


5
Ada program tindak lanjut



Melaksanakan Tugas Tambahan


6
Menjadi Kepala Sekolah


7
Menjadi Wakil Kepala Sekolah


8
Menjadi  ketua program studi atau kepala perpustakaan, kepala lab, kepala bengkel, atau program khusus


9
Menjadi Pembina pramuka,  atau pembimbing KIR,atau  piket


10
Menjadi wali kelas


11
Menyusun kurikulum pada satuan pendidikan


12
Menjadi pengawas penilaian dan evaluasi terhadap  proses dan hasil belajar


13
Membimbing  guru pemula / Program  Induksi guru pemula


14
Membimbing siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler
   

15
Menjadi pembimbing  pada penyusunan publikasi ilmiah dan karya inovatif ( Koordinator PKB)


JUMLAH SKOR




TINDAK LANJUT : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….


                                                                                                                Cirebon, ………………………………….

                Pengawas Sekolah,                                                            Guru  Kelas/ Mata Pelajaran,



                ___________________                                                    ____________________________


Mengetahui :
Kepala Sekolah,



__________________________



Logo pemda
PEMERINTAH KOTA CIREBON
DINAS PENDIDIKAN
Kompleks Perkantoran
Jalan Brigjen Dharsono No. 7 ( (0231) 486579  Fax (0231) 486296 CIREBON 45132

SUPERVISI  PEMBINAAN KEPALA SEKOLAH

Nama  Sekolah                    : …………………………………………………………………………………………………….
Nama  Kepsek                     : …………………………………………………………………………………………………….
Pangkat/Gol. Ruang           : …………………………………………………………………………………………………….
Mata  Pelajaran                   : …………………………………………………...Jumlah Tatap Muka      :…………………..
Sertifikasi                              : …………………………………………………………………………………………………….

No
Komponen  Penilaian Pembelajaran
Kondisi
Keterangan
ya
tidak
I
Program Perencanaan  Sekolah






1.           Ada visi dan misi sekolah



2.           Ada tujuan sekolah



3.           Ada  RKAS ( Program Kerja 1 Tahun )



4.           Ada RKS ( Program Kerja 4 tahun) yang mencakup 8 SNP



5.           Program Standar Isi



6.           Program Standar Proses



7.           Program Standar Kompetensi Lulusan



8.           Program Standar  Pendidik dan Tenaga Kependidikan



9.           Program  Standar Sarana prasarana



10.       Program Standar Pengelolaan



11.       Program Standar Pembiayaan



12.       Program Standar Penilaian


II
Pelaksanaan Rencana Kerja



13.       Ada pedoman sekolah, yang berisi :
   


14.       KTSP



15.       Kalender Pendidikan



16.       Struktur organisasi sekolah/



17.       Pembagian tugas di antara tenaga kependidikan



18.       Peraturan akademik



19.       Tata tertib sekolah



20.       Kode etik sekolah



21.       Biaya operasional sekolah



22.       Penggunaan lab, perpustakaan dan fasilitas lainnya



23.       Ada  pelaksanaan kegiatan sekolah sesuai dengan RKAS



24.       Ada pelaksanaan kegiatan kesiswaan mencakup : seleksi PPDB, memberikan layanan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan embinaan prestasi unggulan dan pelacakan terhadap alumni



25.       Pelaksanaan  bidang Kurikulum ada PTK



26.       Ada penyusunan KTSP yan melalui  7  tahap beserta doumen KTSP



27.       Ada kalender akademik sekolah



28.       Ada  program pengelolaan pembelajaran yang didasarkan pada standar isi, standar proses dan standar penilaian



29.       Ada penilaian hasil belajar peserta didik



30.       Ada pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan meliputi :  pembagian tugas, system penghargaan, promosi dan penempatan, pengembanganserta mutasi.



31.       Pengelolaan sarana dan  prasarana   mencakup  program perencanaan, evaluasi program, fasilitas pembelajaran, skala prioritas, program pemeliharaan



32.       Ada RKAS  yang berdasarkan  8  SNP



33.       Memlihara budaya dan lingkungan sekolah serta pendidikan karakter bangsa.



34.       Ada peranserta masyarakat dan Komite Sekolah


III
35.       Ada program pemgawasan dan evaluasi



36.       Program pengawasan berisi program supervise ( guru dan tendik), program pemantauan, evaluasi, pelaporan dan tindak lanjut.



37.       Ada evaluasi diri Kinerja Sekolah dalam melaksanakan  8 SNP melalui analisis SWOT dalam pengembangan KTSP



38.       Ada ealuasi pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan mencakup kesesuaian penugasan, kesimbangan beban kerja, kinerja pendidik/ tenaga kependidikan dalam melaksanakan tugas, pencapaian prestasi pendidik/tendik.



39.       Akreditasi sekolah


IV
40.       Kepemimpinan sekolah yang dapat meningkatkan SDM kependidikan yang professional, manajemen  yang efektif dan professional, lingkungan pendidikan yang kondusif, dan mampu membangun kepercayaan kepada masyarakat


V
Sistem  Informasi Manajemen  :
41.       Mengelola system informasi manajemen yang memadai untuk mendukung administrasi pendidikan yang efktif, efisien dan akuntabel.
42.       Menyediakan fasilitas informasi yang efisienn, efektif dan mudah diakses.
43.       Mengembangkan komunikasi antar warga sekolah di lingkungannya secara efisien dan efektif dengan menggunakan media dan teknik komunikasi antara lain : siaran radio, TV local, Stiker, dan kalender, poster, perlombaan, leaflet, dialog langsung, home visit, partisipasi dalam kegiatan masyarakat dan penggunaan website atau blog.


JUMLAH SKOR
SKOR  MAX  = 100





                                                                                                                                NILAI  AKHIR : ……………………………
               
                                                                                                             
NILAI  :     Jumlah Skor  X 100%
                 Skor  Maksimum

Keterangan :
Skor        86   -   100%      Baik Sekali              
                71   -     85%      Baik
                55   -     70%      Cukup
              > 55%               Kurang                                                         
                                                                                                               
TINDAK LANJUT :

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………. ……………………………………………………………………………………………………………………………………



                                                                                                                                Cirebon, ………………………………….

                Pengawas Sekolah Pembina,                                                          Kepala  Sekolah,




                ________________________                                                        ____________________________





PEMERINTAH KOTA CIREBON
DINAS PENDIDIKAN
Kompleks Perkantoran
Jalan Brigjen Dharsono No. 7 ( (0231) 486579  Fax (0231) 486296 CIREBON 45132
INSTRUMEN VALIDASI/VERIFIKASI DOKUMEN KTSP
INSTRUMEN VALIDASI/VERIFIKASI DOKUMEN KTSP
KABU PATEN/KOTA/ : …………………………………………
PROVINSI: ……………………………………………………………..
PROVINSI: ....................................................................................................... ………………………….

PETUNJUK PENGISIAN
1.   Perhatikan dokumen KTSP yang akan divalidasi/diverifikasi.
2.   Tuliskan identitas sekolah, alamat, nama kepala sekolah, nama dan jabatan petugas validasi/Verifikasi.
3.   Bubuhkan tanda cek (v) pada kolom "Ada" atau "Tidak" sesuai keberadaan butir-butir pernyataan.
4.   Catatan petugas validasi/verifikasi diisi dengan temuan, komentar dan saran berdasarkan hasil validasi/verifikasi. Ditulis dengan singkat namun jelas.




NAMA SEKOLAH
ALAMAT
NAMA KEPALA SEKOLAH
   TANGGAL VALIDASI/VERIFIKASI
PETUGAS            VALIDASI/VERIFIKASI
   JABATAN PETUGAS VALIDASI/VERIFIKASI


INSTRUMEN VALIDASI/VERIFIKASI DOKUMEN KTSP



Nama Sekolah
Nama Kepala Sekolah
Alamat Sekolah
Kabupaten/Kota




DOKUMEN I
No
Komponen KTSP/Indikator
Penilaian
Catatan
Ya
Tdk

COVER/HALAMAN JUDUL




1.   Logo sekolah dan atau daerah




2.   Judul: Kurikulum SD/SMP/SMA*)




3.   Tahun pelajaran




4.   Alamat sekolah




LEMBAR PENGESAHAN




1.  Rumusan kalimat pengesahan




2.  Tanda tangan kepala sekolah dan stempel/cap sekolah




3.   Tanda tangan ketua komite sekolah dan stempel/cap Komite Sekolah




4.   Tempat untuk tanda tangan kepala/ pejabat dinas pendidikan provinsi




DAFTAR ISI




Kesesuaian dengan halaman



I
PENDAHULUAN



A
Rasional




1.  Latar belakang memuat:




- kondisi nyata




- kondisi ideal




- Potensi dan karakteristik satuan pendidikan




2.  Mencantumkan dasar hukum yang relevan




- Undang-undang No 20 thn 2003




- PP No 19 thn 2005




- Permendiknas No 22, 23, dan 24 thn 2006




- Permendiknas No 6 thn 2007




- Peraturan Daerah yang relevan



B
Visi Satuan Pendidikan




1.   Ringkas dan mudah dipahami




Mengacu pada tujuan pendidikan menengah yaitu
untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan,
2.    
kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk
hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.




Mengacu tuntutan SKL Satuan Pendidikan,
3.     sebagaimana tercantum pada Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006




Berorientasi pada potensi, perkembangan, kebutuhan
4.    
dan kepentingan peserta didik .




Berorientasi pada kepentingan daerah, nasional dan
5.    
internasional.




Berorientasi pada perkembangan ilmu pengetahuan,
6.    
teknologi dan seni.




Memberi inspirasi dan tantangan dalam meningkatkan
7.     prestasi secara berkelanjutan untuk mencapai keunggulan




Mendorong semangat dan komitmen seluruh warga
8.     satuan pendidikan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pendidikan




Mengarahkan langkah-langkah strategis yang
9.    
konsisten dengan penjabaran misi satuan pendidikan.



C
Misi Satuan Pendidikan




Menjabarkan pencapaian visi dalam bentuk pernyataan yang terukur dan dapat dicapai sesuai dengan skala prioritas, mencakup:




1.      Seluruh indikator visi




2.      Sebagian dari indikator visi



D
Tujuan Satuan Pendidikan




Menjabarkan pencapaian misi dalam bentuk pernyataan yang terukur dan dapat dicapai sesuai dengan skala prioritas, mencakup:




1.     Seluruh indikator misi




2     Sebagian dari indikator misi



II
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN




Struktur Kurikulum Satuan Pendidikan, memuat:




Daftar mata pelajaran dan muatan lokal sesuai
1.
dengan standar isi




Pengaturan alokasi waktu per mata pelajaran
2        disesuaikan dengan standar isi, kebutuhan peserta
didik dan sekolah dengan total waktu 38 - 39 Jam per minggu.




Pengaturan alokasi waktu per mata pelajaran
3        disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan
sekolah dengan memanfaatkan tambahan 4 Jam per minggu.




Program Muatan Lokal, mencantumkan:




Jenis dan strategi pelaksanaan muatan lokal yang
1.    
dilaksanakan sesuai dengan kebijakan daerah




Jenis dan strategi pelaksanaan muatan lokal yang
2.        dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan karakteristik sekolah.




Daftar SK dan KD Muatan Lokal yang dikembangkan
4.    
oleh sekolah




5.             Uraian tentang jenis dan strategi pelaksanaan program muatan lokal




Kegiatan Pengembangan Diri, mencantumkan:




1.             Uraian tentang jenis dan strategi pelaksanaan program layanan konseling dan atau layanan akademik/belajar, sosial dan pengembangan karier peserta didik




2.             Uraian tentang jenis dan strategi pelaksanaan program pengembangan bakat, minat dan prestasi peserta didik.




Pengaturan Beban Belajar, mencantumkan:




1.             Uraian tentang rasionalisasi pemanfaatan tambahan 4 (empat) jam pelajaran per minggu




2.                  Uraian tentang pengaturan alokasi waktu
pembelajaran per jam tatap muka, jumlah jam pelajaran per minggu, jumlah minggu efektif per tahun pelajaran, jumlah jam pelajaran per tahun.




3.             Uraian tentang pemanfaatan (60%:SMA, 50% SMP, 40% SD) dari jumlah waktu kegiatan tatap muka pada mata pelajaran tertentu, untuk penugasan terstruktur (PT) dan kegiatan mandiri tidak terstruktur (KMTT).




4.             Uraian tentang pelaksanaan program percepatan bagi siswa yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa (bila ada).




Ketuntasan Belajar, mencantumkan:




1.        Daftar kriteria ketuntasan minimal (KKM) untuk semua mata pelajaran pada setiap tingkatan kelas.




2.        Uraian tentang mekanisme dan prosedur penentuan KKM




3.        Uraian tentang upaya sekolah dalam meningkatkan KKM untuk mencapai KKM ideal (100%)




Kenaikan Kelas mencantumkan:




1.        Kriteria kenaikan kelas sesuai dengan kebutuhan sekolah dg. mempertimbangkan ketentuan pada SK Dirjen Mandikdasmen No. 12/C/Kep/TU/2008.




2.        Uraian tentang pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa (ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester dan ulangan kenaikan kelas), sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Standar Penilaian Pendidikan.




3.        Uraian tentang mekanisme dan prosedur pelaporan hasil belajar peserta didik




4.        Uraian tentang pelaksanaan program remedial dan pengayaan




Kelulusan, mencantumkan:




1.             Kriteria kelulusan berdasar pada ketentuan PP 19/2005 Pasal 72 ayat 1




2.             Uraian tentang pelaksanaan ujian nasional dan ujian sekolah




3.                  Target kelulusan yang akan dicapai oleh sekolah




4.             Uraian tentang program-program sekolah dalam meningkatkan kualitas lulusan.




5.             Uraian tentang program pasca ujian nasional sebagai antisipasi bagi siswa yang belum lulus ujian akhir.




Penjurusan, mencantumkan




1.        Kriteria penjurusan sesuai dengan kebutuhan sekolah dg mempertimbangkan ketentuan yang diatur pada SK Dirjen Mandikdasmen No. 12/C/Kep/TU/2008




2.        Uraian tentang program penelusuran bakat, minat dan prestasi peserta didik




3.        Uraian tentang mekanisme dan proses pelaksanaan penjurusan.




Pendidikan Kecakapan Hidup dan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global, mencantumkan:




1.   Uraian tentang penerapan pendidikan kecakapan
hidup.




2.    
Uraian tentang penyelenggaraan pendidikan berbasis keunggulan lokal




3.    
Uraian tentang upaya sekolah dalam menuju pendidikan berwawasan global.



III
KALENDER PENDIDIKAN, Mencantumkan:




1.    
Pengaturan tentang permulaan tahun pelajaran.




2.    
Jumlah minggu efektif belajar satu tahun pelajaran




3.    
Jadwal waktu libur (jeda tengah semester, antar semester, libur akhir tahun pelajaran, libur
keagamaan, hari libur nasional dan hari libur khusus)





LAMPIRAN




1.
Silabus seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal





Silabus semua mata pelajaran kelas : ..............





·    





·    dst





·          Silabus muatan lokal kelas•      





·    





n .............




2
Laporan Hasil analisis Konteks




3
Contoh hasil penentuan KKM (satu mata pelajaran)







Logo pemda
PEMERINTAH KOTA CIREBON
DINAS PENDIDIKAN
Kompleks Perkantoran
Jalan Brigjen Dharsono No. 7 ( (0231) 486579  Fax (0231) 486296 CIREBON 45132

INSTRUMEN VALIDASI/VERIFIKASI DOKUMEN KTSP
INSTRUMEN VALIDASI/VERIFIKASI DOKUMEN KTSP
KABU PATEN/KOTA/ : …………………………………………
PROVINSI: ……………………………………………………………..
PROVINSI: ....................................................................................................... ………………………….

PETUNJUK PENGISIAN
1.   Perhatikan dokumen KTSP yang akan divalidasi/diverifikasi.
2.   Tuliskan identitas sekolah, alamat, nama kepala sekolah, nama dan jabatan petugas validasi/Verifikasi.
3.   Bubuhkan tanda cek (v) pada kolom "Ada" atau "Tidak" sesuai keberadaan butir-butir pernyataan.
4.   Catatan petugas validasi/verifikasi diisi dengan temuan, komentar dan saran berdasarkan hasil validasi/verifikasi. Ditulis dengan singkat namun jelas.




 
NAMA SEKOLAH
ALAMAT
NAMA KEPALA SEKOLAH
   TANGGAL VALIDASI/VERIFIKASI
PETUGAS            VALIDASI/VERIFIKASI
   JABATAN PETUGAS VALIDASI/VERIFIKASI


INSTRUMEN VALIDASI/VERIFIKASI DOKUMEN KTSP



Nama Sekolah
Nama Kepala Sekolah
Alamat Sekolah
Kabupaten/Kota







DOKUMEN II
No
Komponen KTSP/Indikator
Penilaian
Catatan
Ya
Tdk
I
Silabus




A
Identitas Silabus





Mencantumkan: nama sekolah, mata pelajaran, kelas, semester, standar Kompetensi dan alokasi waktu.




B
Komponen Silabus





Silabus mencakup komponen: Kompetensi dasar (KD), Materi Pembelajaran (MP), Kegiatan Pembelajaran (KP), Indikator Pencapaian Kompetensi (KP), Penilaian (P), Alokasi Waktu (AW) dan Sumber Belajar (SB).




C
Rumusan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD)





Mencakup seluruh SK dan KD untuk kelas




D
Rumusan Materi Pembelajaran




1
Dikembangkan sesuai dengan tingkatan ranah kognitif (fakta, konsep dan prosedur), efektif (sikap/perilaku) dan psikhomotor (keterampilan) pada setiap KD.




2
Urutan materi pembelajaran dikembangkan sesuai IPK, dengan memperhatikan pendekatan prosedural dan hirarkis.




3
Mengintegrasikan potensi, keunggulan dan budaya daerah setempat




E
Rumusan Kegiatan Pembelajaran




1
Menjabarkan aktifitas peserta didik dalam proses pembelajaran sesuai dengan IPK




2
Dikembangkan mengacu pada tingkatan kompetensi pada IPK (hasil pemetaan SK/KD)




3
Urutan kegiatan pembelajaran sesuai dengan urutan tingkatan kompetensi pada IPK




4
Mengimplementasikan inovasi pembelajaran (metode/model) sesuai dengan tututan KD





Mencantumkan pembelajaran TM, PT dan KMTT sesuai dengan tuntutan KD





No
Komponen KTSP/Indikator
Penilaian
Catatan
Ya
Tdk

F
Rumusan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)




1
IPK sesuai dengan hasil pemetaan SK/KD pada Standar Is'




2
Kata Kerja Operasional (KKO) pada IPK tidak melebihi tingkatan KKO dalam KD




3
Setiap KD dikembangkan menjadi  3 KKO




4
KKO mencakup ranah kompetensi afektif, kognitif dan psikhomotor, sesuai tuntutan KD.




G
Rumusan Penilaian




1
Mencantumkan bentuk dan jenis penilaian yang dikembangkan berdasarkan IPK.




2
Bentuk dan jenis penilaian mencakup ranah kompetensi afektif, kognitif dan psikhomotor, sesuai tuntutan KD.




H
Rumusan Alokasi Waktu




1
Mencantumkan alokasi KD untuk setiap KD sesuai dengan hasil pemetaan SK/KD pada standar isi




2
Mengacu pada jumlah minggu efektif belajar dan alokasi yang tercantum dalam struktur kurikulum.




I
Rumusan Sumber Belajar




1
Mencantumkan berbagai jenis sumber belajar (buku, laporan hasil penelitian, jurnal, majalah ilmiah, kajian pakar bidang studi, situs-situs Internet, multimedia, lingkungan, dan narasumber.




2
Mengacu pada hasil pemetaan SK/KD, materi pembelajaran dan kegiatan pembelajaran



II
LAMPIRAN




1    Silabus seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal




Silabus seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal




·     Silabus semua mata pelajaran kelas: ........




·  




·    dst




·     Silabus muatan lokal kelas........




·  




2    Laporan Hasil analisis Konteks




3    Contoh hasil penentuan KKM (satu mata pelajaran)











Tidak ada komentar:

Poskan Komentar