LAPORAN
PELAKSANAAN PENGAWASAN SEKOLAH
PADA SEKOLAH BINAAN
TAHUN PELAJARAN
2011/2012
NO
|
LINGKUP
& URAIAN KEGIATAN
|
KEUNGGULAN
|
KELEMAHAN
|
SIMPULAN
|
REKOMENDASI
/
TINDAK
LANJUT
|
I
|
SUPERVISI AKADEMIK
|
|
|
|
|
1
|
Melaksanakan Pembinaan Guru
|
|
|
|
|
Membina guru dalam merencanakan,melaksa
nakan dan menilai proses pembelajaran/
bimbingan
|
Secara
umum para guru telah memiliki
silabus, dan perangkat pembelajaran
lainnya yang diperlukan sesuai dengan
mata pelajaran yang diampunya merujuk pada Permendiknas Nomor 41 tahun 2008 tentang Standar Proses
|
Pembuatan RPP :
Ada bebrapa RPP , pada kegiatan
Inti belum tercantum proses Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi
Dalam penyusunan RPP, guru jarang yang mencantumkan penggunaan media
pembelajaran berbasis ICT.
Guru dlm PBM:
Kemampuan membuka
pelajaran guru sering lupa
menyampaikan :
1. motivasi
2.Tujuan Pembelajaran
3.menyiapkan psycis siswa
untuk siap mengikuti
pembelajaran .
Pada akhir pembelajaran guru
lupa, tidak memberikan informasi materi
untuk pertemuan berikutnya .
|
Masih ada lebih kurang 15 % guru pada sekolah
binaan belum menyusun RPP yang berorientasi pada siswa, serta belum mencantumkan karakter secara
terintegrasi.
Dalam
pelaksanaan pembelajaran kurang lebih
10%, guru masih menggunakan metode pembelajaran komvensional,
( ceramah dan
tugas ) belum menggunakan metode pembelajaran
yang variatif ( inquiry, CTL
dsb)
|
Pembinaan secara berkesinambungan kepada guru agar
mampu menyusun RPP yang baik
Pendampingan guru-guru menyusun
administrasi guru dengan menggunakan supervisi kolaboratif.
Sosialisasi pemendiknas nomor 41
tahun 2008 tentang standar proses dan
diberikan contoh-contoh kegiatanyang dapat diterapkan dalam eksplorasi ,elaborasi dan konfirmasi
.
|
|
2
|
Melaksanakan Pemantauan Standar
Nasional Pendidikan
|
|
|
|
|
a. Memantau pelaksanaan standar isi dan
Standar Kompetensi Lulusan ( SKL)
b. Mengolah hasil pelaksanaan pemantauan
standar isi dan SKL
|
Secara
umum guru telah memiliki silabus dan
RPP serta perangkat pembelajaran lainnya sebagai bukti administrasi
pembelajaran.
Hasil Ujian
Nasional tahun ini mencapai 100%. Ini berarti Standar Kompetensi Lulusan mata pelajaran
yang d-UN-kan telah tercapai.
|
-
Analisis
konteks belum tuntas dibuat oleh sekolah
-
Masih
banyak mata pelajaran yang KKM nya belum mencapai 75 %
|
Dalam
implementasi standar isi pada beberapa
sekolah binaan belum optimal
Masih ada hasil UN pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika
sangat rendah.
|
-
Kepala
Sekolah agar melaksanakan workshop tentang analisis konteks.
-
Kepala
bersama komite sekolah sekolah agar membuat MoU dengan LPMP/P4TK yang berisi
tentang kontrak pembimbingan PBM
-
Dalam
penerimaan peserta didik sekolah
-
memperhatikan
input siswa.
-
|
|
c. Memantau pelaksanaan standar proses
d. Mengolah hasil pemantauan pelaksanaan
standar praoses
|
Sekolah
memiliki dokumen hukum tentang standar proses dan sistem pengelolaan
sudah berorientasi pada mutu ( ISO)
|
-
Penerapan
pembelajaran berbasis TIK belum terprogramkan
semua guru karena kurangnya laptop dan LCD.
|
Penggunaan
metode konvensional masih dilakukan oleh beberapa guru (10%)
|
Kepala sekolah
perlu melakukan kegiatan kolektif guru melalui pemberyaan MGMP sekolah.
|
|
e. Memantau pelaksanaan standar tenaga
pendidik.
f. Mengolah hasil pemantauan pelaksanaan
standar tenaga pendidik.
|
Kualifikasi dan komptensi pendidik sudah memenuhi
persyaratan sesuai permendiknas No. 16
Tahun 2007 bahkan lebih kurang 5% sudah S-2
|
Kompetensi pedagogik dan profesional belum optimal dikuasai oleh mayoritas guru
SMK
|
Perlu dilakukan
uji kompetensi internal sebagai bahan pemetaan kompetensi guru.
|
Kepala sekolah
agar memfasilitasi kegiatan kolektif guru untuk meningkatkan profesionalisme
guru SMK
|
|
g. Memantau pelaksanaan standar penilaian
g. Mengolah hasil pemantauan pelaksanaan
standar penilaian
|
Guru telah
melaksanakan penilaian sesuai dengan Perendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang
standar penilaian
|
-
Belum
semua mata pelajaran mempunyai
kumpulan soal ulangan harian
Belum ada kerja sama dengan lembaga pendidikan untuk
penerbitan sertifikat
( Uji kompetensi )
|
Belum semua
guru mengolah dan menganalisis hasil belajar dengan menggunakan teknik tertentu.
|
-
Setiap
1 RPP yang sudah selesai dibuat ,Kepala sekolah wajib meminta soal ulangan untuk 1 KD
tersebut untuk didokumentasikan.
Kepala sekolah bersama dengan
komite sekolah agar membuat MoU dengan lembaga pendidikan untuk kontrak kerja sama
dalam peningkatan profesionalisme guru.
|
|
3
|
Melaksanakan penilaian kinerja
|
|
|
|
|
Menilai kinerja guru dalam merencanakan,
melaksanakan,menilai hasil pembelajaran/
bimbingan
|
Secara
umum para guru telah memiliki
silabus, dan perangkat pembelajaran
lainnya yang diperlukan sesuai dengan
mata pelajaran yang diampunya merujuk pada Permendiknas Nomor 41 tahun 2008 tentang Standar Proses
|
Sebagaian besar guru tidak tuntas
membuat administrasi guru , terutama pada komponen Agenda guru, KKM, Analisis hasil Ulangan Harian,
Kisi soal Ulangan Harian, UTS maupun UAS
Pada RPP :
-Ada bebrapa RPP ,pada kegiatan
Inti belum tercantum proses Eksplorasi ,Elaborasi dan Konfirmasi
-Ada bebrapa RPP ,pada kegiatan
Inti belum tercantum proses Eksplorasi ,Elaborasi dan Konfirmasi
Dalam penyusunan RPP jarang yang
mencantumkan penggunaan media pembelajaran berbasis ICT.
|
Guru belum optimal dalam melaksanakan tugas
pokok sebagai guru profesional
|
Pembinaan terus menerus kepada
guru-guru agar mencapai kualifikasi A dengan kategori amat baik,
sehingga mendapat angka kredit yang
optimal untuk karir kepangkatannya.
Pendampingan guru-guru menyusun
administrasi guru dengan menggunakan supervisi kolaboratif.
Kepala sekolah
agar memberikan kemudahan pada guru
untuk memiliki laptop / komputer
masing-masing
|
|
II
|
SUPERVISI MANAJERIAL
|
|
|
|
|
1
|
Melaksanakan Pembinaan
Kepala Sekolah
|
|
|
|
|
a. Membina kepala sekolah dalam
pengelolaan dan
administrasi sekolah
|
Sekolah memiliki memiliki
pemimpin yang mengembangkan mutu baik pada sistem pengelolaan maupun
sistem pembelajaran yang dapat dijadikan landasan untuk pengembangan
efektivitas kepemimpinan lebih lanjut
|
RKAS maupun RKT belum menjadi
pedoman pada seluruh aspek kinerja kepemimpinan sekolah. Ini berarti masih
ada kesenjangan antara apa yang
ada dalam rencana kegiatan dan anggaran sekolah dengan apa yang ada pada RKT
dan apa yang sekolah laksanakan.
|
Sekolah perlu merevisi RKAS
perlu ditingkatkan relevansinya pada RKT agar lebih aplikatif dan
meningkatkan konsistensi untuk mengubah strategi menjadi aksi yang berdampak
pada peningkatan mutu.
|
Supervisi harus dapat
memfasilitasi sekolah meningkatkan relevansi RKAS dan RKT dengan lebih fokus
pada peningkatan mutu melalui pengembangan kebijakan mutu, indikator
pencapaian, penetapan target mutu, menentukan strategi dan menyiapkan
instrumen evaluasi diri sekolah.
|
|
b. Membina tenaga kependidikan lainnya
(tenaga administrasi, tenaga
laboratorium,tenaga perpustakaan )
dalam melakanakan tugas pokoknya.
|
Seluruh sekolah memiliki model
pengembangan mutu pendidik yang cukup baik sebagai landasan pengembangan
sistem pengembangan pendidik lebih lanjut yang merujuk pada penerapan
standar.
|
Dokumen program pengembangan pendidik belum
menjadi pedoman utama kegiatan sekolah karena belum seluruh aktivitas
penyelenggaraan kegiatan terdokumentasikan pada program, masih terdapat perbedaan antara
yang ada dalam rencana dengan apa yang sekolah laksanakan.
|
Sekolah perlu merevisi program dan sistem
dokumen / administgrasi agar lebih aplikatif dan meningkatkan konsistensi
untuk mengubah strategi menjadi aksi yang berdampak pada peningkatan mutu.
|
Supervisi memfasilitasi
sekolah menyusun program
yang lebih aplikatif, melaksanakan program yang lebih fokus pada pengembangan dan peningkatan
kinerja pendidik dengan indikator mutu yang lebih terukur.
|
|
2
|
Melaksanakan Pemantauan Standar
Nasional Pendidikan
|
|
|
|
|
a. Memantau pelaksanaan standar
sarana dan prasarana
b. Mengolah hasil pemantauan
pelaksanaan standar sarana
prasarana
|
Seluruh sekolah memiliki
perhatian terhadap pengembangan sarana yang kuat melebihi perhatian terhadap
komponen standar yang lainnya dalam meningkatkan mutu sebagai dampak dari tingkat
persaingan antar sekolah yang sangat ketat.
|
Sistem pengelolaan dokumen
pengelolaan saran dan prasaran masih manual dan kurang terkelola dengan
tertib adminstrasi yang distandarkan sehingga pengelolaan administrasi
sekolah sangat senjang dengan sistem pengelolaan bidang industri dan
perdagangan.
|
Sekolah perlu merevisi program agar lebih
aplikatif dan meningkatkan konsistensi untuk mengubah strategi menjadi aksi
yang berdampak pada peningkatan mutu dalam penerapan standar.
|
Supervisi memfasilitasi
sekolah menyusun dengan lebih fokus pada pengembangan sarana dan prasarana
serta meningkatkan tertib dokumen sesuai dengan kebutuhan pengembangan mutu.
|
|
c. Memantau pelaksanaan standar
pengelolaan
d. Mengolah hasil pemantauan
pelaksanaan standar
pengelolaan
|
Seluruh sekolah memiliki
dokumen pengembangan mutu baik pada sistem pembelajaran yang dapat menjadi
landasan kuat untuk mengelola pembelajaran berstandar berkeunggulan
|
RKAS maupun RKT belum menjadi
landasan utama dan menjadi panduan kegiatan pembelajaran karena apa yang
diuraikan di program
kurang relevan pada kebutuhan pelaksanaan kegiatan nyata sehari-hari.
|
Sekolah perlu menyempurnakan program jangka menengah
dan tahunan agar
lebih aplikatif dan meningkatkan konsistensi untuk mengubah strategi menjadi
aksi yang berdampak pada peningkatan mutu.
|
Supervisi memfasilitasi
sekolah mengembangkan program
dan dokumen program
pengelolaan sistem perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran.
|
|
e. Memantau pelaksanaan standar
pembiayaan
f. Mengolah hasil pemantauan
pelaksanaan standar
pembiayaan
|
Seluruh sekolah memiliki
harapan yang besar untuk mengembangkan sistem kemitraan yang bermutu baik
untuk mendukung efektivitas pengelolaan maupun sistem pembelajaran.
|
Seluruh sekolah memiliki
harapan yang besar untuk mengembangkan sistem kemitraan yang bermutu baik
untuk mendukung efektivitas pengelolaan maupun sistem pembelajaran.
|
Sekolah perlu meningkatkan mutu
lebih aplikatif dan meningkatkan konsistensi untuk mengubah strategi menjadi
aksi yang berdampak pada peningkatan kerja sama dan kemitraan.
|
Supervisi mengembangkan
mutu kerja sama dan kemitraan yang fokus untuk memfaslitiasi siswa belajar.
|
|
g. memantau pelaksanaan standar isi
h. mengolah hasil pemantauan
pelaksanaan standar isi
|
Seluruh sekolah memiliki
dokumen pengembangan mutu yang cukup pada sistem pengelolaan dan pengembangan
kurikulum namun belum berkeunggulan.
|
Seluruh sekolah memiliki
dokumen pengembangan mutu yang cukup pada sistem pengelolaan dan pengembangan
kurikulum namun belum berkeunggulan.
|
Sekolah perlu merevisi program pengembangan
kurikulum secara bertahap agar lebih aplikatif dan meningkatkan konsistensi
untuk mengubah strategi menjadi aksi yang berdampak pada peningkatan mutu
pengembangan kurikulum.
|
Supervisi memfasilitasi
sekolah mengembangkan program
peningkatan mutu dengan lebih fokus pada pengembangan kurikulum jangka menengah dan tahunan.
|
|
3
|
Melaksanakan penilaian kinerja Kepala Sekolah
|
|
|
|
|
a. menilai kinerja kepala sekolah dalam
pengelolaan dan
administrasi sekolah.
|
Dinas telah melaksanakan penilaian kinerja kepala
sekolah secara piloting untuk
mensosialisasikan sistem baru yang akan dilaksanakan tahun 2013
|
Kepala Sekolah
dan staft sekolah belum memahami pentingnya penilaian kinerja kepala sekolah,
bahkan ada kepala sekolah yang tidak respon atau apatis terhadap sistem baru
PKKS
|
Sistem PKKS
perlu disosialisasikan lebih seris
|
Dinas
Pendidikan melalui Pengawas sekolah agar mefasilitasi diklat/ Bimtek sistem PKKS
yang terbaru
|
|
b. menilai kinerja sekolah untuk
persiapan akreditasi sekolah
|
Sekolah
telah memiliki komitmen tentang
pentingnya akreditasi sekolah untuk
kelayakan sekolah dan pengakuan masyarakat.
|
Sekolah belum
memahami secara teknis bukti-bukti fisik apa yang diperlukan untuk akreditasi
sekolah
|
Bimbingan
Teknis belum optimal dilakukan oleh Dinas
|
Kepala Dinas
melalui Pengawas Bina melakukan pembinaan teknis Akreditasi sekolah.
|
Cirebon, Juni
2012
Pengawas Sekolah,
Drs. Adang Sudarman, M.Pd
NIP. 19531031 198211 1 001
makasih sangat membantu..
BalasHapusThanks,
BalasHapusThanks,
BalasHapusTerima kasih.
BalasHapusMohon ijin mengunduh untuk bahan referensi dan komparasi
BalasHapus